Latest News
Thursday, August 27, 2015

Bawaslu Supervisi Sengketa Penetapan Calon Pemalang

Bawaslu Supervisi Sengketa Penetapan Calon Pemalang

SeputarPemalang.Com - Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah akan menyupervisi dan mengawasi kinerja Panwas Pemalang terkait sengketa penetapan calon peserta Pilkada. Pasangan calon Mukti Agung Wibowo-Afifudin menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum Pemalang terkait pengguguran pencalonannya.

Pasangan calon yang diusung PKS, PAN, dan Hanura ini gugur karena dokumen perbaikan yang dikembalikan tak lengkap. Dokumen yang tidak lengkap terkait dengan tak dilampirkannya surat pemberitahuan (SPT) pajak 2014 milik Afifudin.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, satu pasangan calon mendaftarkan sengketa. Tiga pasangan calon lain dari Boyolali, Kota Pekalongan, dan Klaten yang gugur belum menggugat.

”Batas waktu pendaftaran, maksimal tiga hari sejak penetapan dan pengumuman objek kebijakan KPU,” ujarnya di selasela Rapat Koordinasi Mitra Kerja Pilkada 2015 di Hotel Semesta, Semarang, Rabu (26/8).

Dengan demikian, hingga Rabu siang, pasangan calon yang mendaftarkan sengketa hanya satu. Pendaftaran gugatan paling akhir, Kamis (27/8).

Teguh menambahkan, Panwas memiliki waktu 12 hari atau mulai Jumat (28/8) sampai Selasa (8/9) untuk memproses sengketa tersebut melalui sidang terbuka di Panwas setempat.

Intensifkan Koordinasi

Putusan sengketa memiliki tiga kemungkinan, mengabulkan permohonan pasangan calon, menguatkan keputusan KPU atau menolak gugatan. ”Kami akan menyupervisi dan mengawalnya.

Jangan sampai Panwas dianggap tidak profesional dalam bekerja. Sidang Panwas terbuka untuk umum,” katanya. Komisioner Bawaslu Daniel Zuchron mengatakan, KPU dan pasangan calon diminta untuk selalu berkoordinasi baik terkait fasilitas kampanye dan dana kampanye.

Semua pengeluaran pasangan calon terkait kampanye harus tercatat. ”Pelanggaran dalam masa kampanye ujungnya pembatalan calon. Ini yang harus diwaspadai agar tidak terjadi, sehingga koordinasi harus berjalan dan transparan,” ungkapnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, pasangan calon dari 21 kabupaten/kota di Jateng hadir dan membubuhkan tanda tangan terkait deklarasi Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjakmoko menambahkan, masalah keuangan merupakan hal yang vital, sehingga harus dihitung secara cermat.

Uang bukan segala-galanya dalam Pilkada, tetapi juga penting terutama terkait kewajibankewajiban seperti ongkos untuk saksi pada saat pencoblosan. ”Hati-hati dan cermati masalah keuangan, jangan sampai terjadi politik uang,” imbuhnya.[suara-merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bawaslu Supervisi Sengketa Penetapan Calon Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno