Latest News
Tuesday, August 11, 2015

Bawaslu: PNS di Jateng mulai Terlibat Pilkada


SeputarPemalang.Com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencium gelagat pegawai negeri sipil (PNS) mulai aktif terlibat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Tengah.

"Pengawas Pemilu melihat beberapa PNS sudah mulai terlibat dan melibatkan diri dukung- mendukung beberapa calon yang akan mengikuti pemilihan," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (11/8/2015).

Padahal, berdasarkan aturan, PNS harus netral dan dilarang terlibat aktif dalam menggalang dukungan di Pilkada.

Teguh mengatakan, sejumlah PNS diduga berperan aktif terutama pada kabupaten atau kota yang diikuti pasangan calon kepala daerah dari incumbent.

"Jika kita melihat data yang ada, sebanyak 12 kabupaten atau kota yang petahananya maju kembali," ujar Teguh.

Para incumbent yang maju tersebut berasal dari Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Rembang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pemalang.

Menurut Teguh, laporan yang masuk ke Bawaslu Jateng, PNS dan perangkat birokrasi yang mendukung pencalonan Bupati dan Wali Kota, antara lain, di Purbalingga, Klaten, Kota Semarang, dan Kabupaten Blora.

"Kami berharap, persoalan ini tidak meluas ke daerah-daerah lain. Sanksinya berat bagi mereka yang terlibat dan melibatkan diri dalam dukung mendukung calon yang ada,” ungkap Teguh.[okezone]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bawaslu: PNS di Jateng mulai Terlibat Pilkada Rating: 5 Reviewed By: asri yatno