Latest News
Tuesday, August 11, 2015

Baru Tiga Hari Bekerja, PRT Asal Pemalang Ambil Uang Majikan Rp 80 Juta

Baru Tiga Hari Bekerja, PRT Asal Pemalang Ambil Uang Majikan Rp 80 Juta

SeputarPemalang.Com -  Baru tiga hari bekerja, seorang pembantu rumah tangga (PRT), Manisah (44), diduga mengambil uang majikannya sebesar Rp 80 juta di Jalan Bulak Tengah IX, RT 04 RW 15, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Setelah mengambil uang tersebut, Manisah diketahui kabur dan tak kembali hingga saat ini.

Pemilik rumah, Lulu (31) menuturkan, kejadian bermula pada Minggu (10/8) lalu sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu hanya ada Manisah dan keponakannya, Rizki (15) yang ada di rumah. Ia sendiri tengah keluar membeli perabotan bayi bersama suami dan saudaranya.


"Saya baru pulang ke rumah jam setengah sembilan malam. Mau ambil uang, begitu periksa lemari di kamar ternyata dicungkil isinya sudah enggak ada," kata Lulu saat ditemui di rumahnya, Selasa (11/8).

Kecurigaan pun langsung mengarah pada Manisah. Pasalnya setelah kejadian itu, pembantu barunya itu tak muncul lagi di rumahnya. "Abis itu baru ngeh, biasanya kalau kita pulang dia nyambut tapi ini enggak," ucapnya. Keponakannya, Rizki, saat itu juga mengaku tak tahu karena kemudian pergi keluar rumah untuk bermain.

Selama bekerja di rumah, Lulu tak curiga dengan pembantu barunya yang berasal dari Pemalang itu. Menurutnya, Manisah bersikap sopan dan ramah selama berada di rumahnya. Selama ini, Lulu telah memiliki seorang PRT di rumahnya dan mengaku membutuhkan PRT lagi untuk mempersiapkan dirinya yang sebentar lagi melahirkan anak kedua. "Rencananya uang itu juga digunakan untuk biaya lahiran, eh malah kejadian begini," imbuhnya.

Ia mengaku mengetahui Manisah melalui tetangga depan rumahnya. Dari tetangga yang dipanggilnya 'Mama Adit' itu, Lulu mengira Manisah adalah kerabat Mama Adit. Belakangan baru diketahui, Manisah mencari pekerjaan sebagai PRT dengan mendatangi tiap rumah di kawasan Bulak Tengah termasuk rumah tetangganya itu. Pada saat itu, Mama Adit langsung menawarkan pada Manisah jika Lulu tengah membutuhkan PRT.

"Dari situlah Manisah datang dan menjadi pembantu di rumah ini. Saya enggak mikir macam-macam ya, namanya nolongin orang ngasih kerjaan" tuturnya.

Ia mengaku sudah melaporkan kasus ini ke Polsek Duren Sawit usai kejadian pada Minggu (10/8) lalu namun belum ditindaklanjuti. Sebab, menurut polisi bukti untuk membuat laporan kurang lengkap.

"Kita sudah bawa fotokopi KTP si Manisah, tapi katanya enggak cukup. Harus ada saksi juga," katanya. Pihaknya akan segera melaporkan lagi kejadian ini ke Polsek Duren Sawit beserta bukti yang sudah dikumpulkan.

Sementara itu PRT yang sudah lama bekerja di rumah Lulu, Ipah, adalah orang yang pertama kali menyadari Manisah tak ada di rumah. Saat kejadian, ia baru saja pergi keluar dan begitu kembali, pintu rumah dalam keadaan terbuka. 

"Saya balik ke rumah sudah enggak ada orang. Saya 'assalamualaikum' tiga kali enggak dijawab, Manisah juga enggak ada. Padahal pintu rumah terbuka gitu," katanya.

Polsek Duren Sawit Kompol Johanes Kindangen mengatakan, belum mendapat laporan atas kejadian tersebut. Namun ia membenarkan, jika akan membuat laporan mesti melengkapi bukti terlebih dulu. "Ya belum dapat laporannya. Memang harus dilengkapi dulu kalau mau melaporkan. Nanti kalau sudah pasti kami akan tindaklanjuti," tegasnya.[berita satu]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Baru Tiga Hari Bekerja, PRT Asal Pemalang Ambil Uang Majikan Rp 80 Juta Rating: 5 Reviewed By: asri yatno