Latest News
Sunday, August 16, 2015

2 BUMN Masuk ke Tol Pemalang-Batang, Jokowi Groundbreaking 28 Agustus

 2 BUMN Masuk ke Tol Pemalang-Batang, Jokowi Groundbreaking 28 Agustus

SeputarPemalang.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memulai groundbreaking proyek Tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah sepanjang 39,2 km pada 28 Agustus 2015. BUMN PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) membeli saham dari investor lama proyek Tol Pemalang-Batang yang sempat mangkrak bertahun-tahun.

Hal ini bagian dari percepatan proyek Tol Trans Jawa dari Cikampek-Surabaya 615 Km. Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PU dan Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan dengan percepatan proyek ini maka total Trans Jawa akan tersambung pada 2018. 

Bila Pemalang-Batang sudah dimulai berjalan, maka tinggal menyisakan ruas proyek Tol Batang-Semarang 75 km. Tol Batang-Semarang masih terkendala soal pemegang saham terkait permodalan, sehingga tol ini mangkrak.

"Pemalang-Batang sudah manajemennya sudah sahamnya berubah sudah diambil alih oleh Jasa Marga dan Waskita Karya secara dominan. Sehingga ini mungkin kalu jadi tanggal 28 Agustus ini, akan di groundbreaking oleh bapak presiden," kata Basuki di kantornya, Jumat (14/8/2015)

Ia mengatakan apabila pengerjaan Tol Batang-Semarang bisa segera diatasi, maka percepatan pembangunan Tol Trans Jawa bisa tuntas lebih cepat pada 2017.

"Yang masih masalah itu Batang-Semarang, sehingga itu, sepanjang lebih kurang 70 Km bisa dikerjakan, dan 2017 mungkin sudah tersambung," katanya.

Basuki mengatakan konsesi tol Batang-Semarang belum putus secara manajemen, namun secara sepihak pemerintah sudah putuskan hak konsesinya.

"Kita lagi panggil mereka masih belum ada respons, tapi masih kita usahakan terus untuk bisa. Tujuannya bukan untuk mempinalti orang tapi kita akan menyelesaikan pekerjaan menyambung Batang-Semarang itu. Karena tinggal itu yang masih perlu kita kerja keras untuk bisa secara manajerial maupun fisik yang kita kerjakan," katanya

Saat ini, Waskita Karya sedang mengerjakan Tol Pejagan-Pemalang (sambungan Pemalang-Batang di sisi barat). Proses konstruksi sedang berlangsung. Tol ini sempat difungsikan sebagai jalur darurat untuk mendukung arus mudik 2015 lalu.

Waskita Karya menyiapkan dana Rp 5 triliun untuk mengakuisisi saham mayoritas pemegang saham lama Tol Pemalang-Batang.

Sedangkan, ruas Batang-Semarang disebut-sebut paling tidak ada perkembangannya karena Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tidak memiliki itikad baik melanjutkan konsesi tol.[detik]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 2 BUMN Masuk ke Tol Pemalang-Batang, Jokowi Groundbreaking 28 Agustus Rating: 5 Reviewed By: asri yatno