Latest News
Monday, July 13, 2015

Waduh...Bangunan Cagar Budaya Hilang Tergusur Karna Tol Pejagan-Pemalang

Waduh...Bangunan Cagar Budaya Hilang Tergusur Tol Pejagan-Pemalang

SeputarPemalang.Com -  Tercatat ada dua bangunan cagar budaya terpaksa dibongkar untuk mendukung proyek pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang. Dimana keduanya merupakan bagian dari 70 benda cagar budaya di Kabupaten Brebes yang terancam rusak dan hilang.


"Dua bangunan di kawasan Pabrik Gula (PG) Banjaratma hilang tergusur proyek tol Pejagan-Pemalang," kata Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Brebes, Wijanarto, , akhir pekan lalu.

Wijanarto mengatakan Balai Pelestarian Budaya Jawa Tengah pernah menyurati pemkab Brebes perihal permohonan penghentian pembangunan jalan tol dan kajian teknis arkeologis terhadap bekas PG Banjaratma, tapi tak digubris.

“Sepertinya tidak ada respon dari Bupati Brebes maupun dari pihak pelaksana proyek, terbukti proyek jalan terus dan bangunan pun rata dengan tanah karena tergusur," ungkapnya.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes menginventarisasi ada sebanyak 70 unit bangunan cagar budaya yang terancam.  Data itu juga telah teregistrasi sebagai bangunan cagar budaya di Dinas Kebudayaan Jawa Tengah per Oktober 2010.

“Data BCB itu merupakan data terbaru yang sebelumnya baru tercatat 62 unit," katanya.

Ironisnya dari 70 unit itu, sebagian besar rusak. Bahkan ada beberapa BCB hilang dan kerusakannya bertambah parah. Padahal, BCB tersebut merupakan bangunan dengan nilai sejarah yang tinggi. Sebagian besar adalah bangunan peninggalan kolonial, bangunan Islam, bangunan klasik Hindu, bangunan kontemporer, dan bangunan sejarah peninggalan lain.

BCB yang rusak itu di antaranya adalah Kantor Kawedanan Bumiayu, Arca di Bumiayu, PG Banjaratma, Menara Air di Jatibarang, dan sejumlah bangunan sejenis lainnya.

Sementara itu, PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) mengaku sudah meminta izin ke PT Perkebunan Nusantara (Persero) IX sebagai pemilik PG Banjaratma untuk membebaskan lahan tersebut. Sementara terkait surat dari Balai Pelestarian Budata Jawa Tengah, PPTR mengaku tidak pernah menerimanya.

“Kami sudah mengikuti prosedur, kan dari pemerintah bukan swasta. Surat tidak ada yang masuk ke kami, jadi tidak tahu,” kata Humas PT PPTR, Mita Lorita. [metrotv]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Waduh...Bangunan Cagar Budaya Hilang Tergusur Karna Tol Pejagan-Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda