Latest News
Sunday, July 12, 2015

Solusi Tepat Cegah ISPA Saat Mudik


SeputarPemalang.Com - Kita sering mendengar kata ISPA. Namun kadang kita tidak tau maknanya. Mahual ISPA ?.  ISPA adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas. Dengan kata lain ISPA adalah penyakit yang diakibatkan adanya infeksi pada sistem pernapasan atas. 

Penyebab ISPA
Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah, rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sebagian besar penyakit jalan napas bagian atas disebabkan oleh virus dan pada umumnya tidak dibutuhkan terapi antibiotik. Pada balita jarang ditemukan faringitis oleh kuman streptococcus. Namun bila ditemukan infeksi kuman streptococcus misalnya pada radang telinga akut harus diobati dengan antibiotik penisilin.

Gejala Klinis ISPA
1.Sistem respiratorik: nafas cepat, kadang napas tak teratur, retraksi dinding dada, napas cuping hidung, sianosis, suara napas lemah, wheezing.

2.Sistem cardial: takikardi, bradikardi, hipertensi, hipotensi dan cardiac arrest.

3.Sistem cerebral : gelisah, sakit kepala, bingung, papil edema, kejang, koma.

4.Sistem integumen : berkeringat banyak

Dengan kata lain yang termasuk gejala ISPA pada umumnya adalah badan pegal pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, dan sakit pada tengorokan.


Upaya Pengobatan dan Perawatan ISPA

1.Jika terserang penyakit ISPA harus banyak istirahat.

2.Meningkatkan asupan makanan bergizi.

3.Jika demam beri kompres hangat dan banyak minum ( pada bayi ASI tetap diteruskan ) gunakan pakaian yang cukup tipis tidak terlalu ketat, bila perlu diberikan parasetamol.

4.Bila hidung tersumbat karena pilek bersihkan lubang hidung dengan tisu, kemudian tisu dibuang ke tempat sampah.

5.Jika batuk dianjurkan memberi obat batuk yang aman. 

6.Dengan herbal jeruk nipis, caranya 1 buah jeruk nipis diambil airnya dan tambahkan 2 sendok makan madu. Kemudian aduk hingga rata. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

7.Dengan herbal belimbing wuluh, caranya 10 buah belimbing wuluh, dicuci, kemudian dihaluskan. Tambahkan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Peras dan saring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari

Ada beberapa ahli mengatakan bahwa terapi yg diberikan pada penyakit ISPA ini biasanya pemberian antibiotic. Walaupun kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat obatan terapeutik. 

Pemberian antibiotik dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini dibandingkan hanya pemberian obat obatan symptomatic. Selain itu dengan pemberian antibiotik dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan dari bakterial, pemberian, pemilihan antibiotik pada penyakit ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi resistensi kuman/baterial di kemudian hari.

Namun pada penyakit ISPA yg sudah berlanjut dengan gejala dahak dan ingus yg sudah menjadi hijau, pemberian antibiotik merupakan keharusan karena dengan gejala tersebut membuktikan sudah ada bakteri yg terlibat.

Upaya Pencegahan ISPA
1.Tetap menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

2.Pada bayi / anak dilakukan imunisasi.

3.Selalu menjaga kebersihan baik kebersihan pribadi maupun lingkungan 
tempat tinggal.

4.Mencegah anak agar tidak berhubungan dengan penderita ISPA

Menurut Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE menyatakan bahwa ISPA merupakan salah satu penyakit yang sering diderita para pemudik, yang hari-hari ini mulai meramaikan seluruh sarana transportasi yang ada.

Bila sudah terjangkit, maka penderita akan merasa badannya lemas. Sehingga jika ia pengemudi, maka kondisi ini akan membahayakan dirinya dan penumpangnya.ISPA seringkali membuat badan jadi lemas, sehingga berbahaya kalau mengemudi, termasuk konsentrasi menurun.Tak hanya itu, penderita berisiko menularkan penyakitnya pada penumpang lainnya.

Hal ini tentu berisiko bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum, seperti bus atau mobil.Kalau di dalam mobil yang macet ber jam-jam dan di mobil atau bus itu ada pasien ISPA yang batuk-batuk terus, maka seisi mobil bisa tertular dan kena ISPA pula. 

SOLUSI TEPAT CEGAH ISPA SAAT MUDIK
 Oleh karena itu, untuk menghindari risiko terkena ISPA, ada beberapa tips sebagai solusi tepat sebagai berikut:

1.Perkuat daya tahan tubuh dengan makan bergizi, istirahat cukup. Daya tahan tubuh yang baik adalah salah satu modal utama, karena penyakit (termasuk ISPA) terjadi karena ketidak seimbangan host, agent and environment.

2.Hindari kemungkinan tertular dengan sedapat mungkin menghindari kerumunan orang banyak dan jangan melakukan kontak dengan orang yang sedang batuk pilek demam.

3.Jaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) lebih sering karena terbukti menurunkan kemungkinan infeksi.

4.Jangan menyentuh lubang hidung dan mulut kita dengan tangan kotor. Bisa saja ada virus dan kuman penyebab ISPA di satu tempat yang banyak dipegang orang (gagang pintu, meja antrian dan sebagainya), lalu kuman atau virus itu kita pegang karena memegang gagang pintu itu misalnya, lalu kita "gosok-gosok" hidung, maka masuklah kuman/virus itu ke saluran napas kita.

5.Jangan merokok, karena asap rokok dapat menurunkan daya tahan paru dan saluran napas, dan juga merusak lingkungan dalam konsep host, agent & environment.

6.Apabila sedang terkena ISPA dan akan mudik dalam waktu dekat, apalagi mengemudikan kendaraan sendiri, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat dan sesuai.

Mari kita persiapkan mudik dengan kondisi sehat agar selamat sampai tujuan. Keluarga sangat menanti kita ! Jangan sampai gara-gara ISPA kebahagiaan Idul Fitri kita nanti mengurangi kehangatan keluarga !.





KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Solusi Tepat Cegah ISPA Saat Mudik Rating: 5 Reviewed By: asri yatno