Latest News
Friday, July 3, 2015

Manfaatkan Potensi Lokal Sebagai Benteng Kesehatan Keluarga


SeputarPemalang.Com - Menjaga kesehatan seseorang tidaklah harus mengkonsumsi makanan yang berasal dari import yang jauh-jauh dari luar negeri.Ternyata produk lokal daerah kita kabupaten Brebes pun yaitu telor asin dan bawang merah menurut beberapa riset mampu untuk menjadi benteng kesehatan keluarga.

Kita tak asing melihat sentra - sentra peternak bebek sepanjang jalur dari desa Limbangan ke arah pantai Randusanga, di pinggir sungai di desa Wanasari dan desa Pakijangan. 

Hal itu contoh sebagaian kecil merupakan supley untuk memasok poduksi telor asin di daerah Brebes. Serta beberapa lahan – lahan pertanian di sebagaian wilayah Brebes bagian tengah dan utara khususnya daerah Jagalempeni, Glonggong, Sisalam, Sidamulya yang merupakan desa-desa unggulan produksi bawang merahnya karena tak pernah absen produksi bawangnya di musim kemarau lantaran pengairannya terjamin dan hasil tonasenyapun sangat tinggi. 

Dengan melimpahnya produksi lokal yaitu telor asin dan bawang merah tersebut namun tak jarang orang mengetahui secara mendetail manfaat darinya.Padahal kalau kita menelisik lebih dalam terkait manfaat telor asin dan bawang merah,ternyata, sunguh dahsyat dan luar biasa sekali manfaat produk lokal daerah kita untuk kesehatan.

Inilah Beberapa Manfaat Telor Asin
Berikut ini adalah beberapa manfaat telor asin untuk kesehatan sebagaimana yang di lansir di manfaat-it.blogspot.com yaitu sebaai berikut :

1.Kaya akan gizi.
Telor asin dikenal sebagai telor yang nikmat dan mempunyai cita rasa khas tersendiri apalagi telor asin di daerah Brebes. Telor asin ini juga mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap bagi tubuh manusia. 

Telor asin ini dalah sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Protein dalam telor asin juga dipercaya mengandung semua asam amino yang dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. 

Menurut Prof. Made, seorang doktor di Tokyo University menyatakan bahwa kandungan kalsium dalam telor asin akan berlipat 25 kali, karena dalam proses pembuatan telor asin menggunakan abu dan kapur. Abu dan kapur adalah sumber kalsium, ketika garam masuk ke dalam telor. Kandungan kalsium pun juga ikut masuk secara perlahan menembus putih telor dan kuning telor.

2.Kaya akan vitamin.
Telor asin mengandung banyak vitamin A dan B 12. Vitamin A berfungsi menjaga sel-sel dalam tubuh agar tubuh tetap sehat dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin B 12 bermanfaat dalam menjaga kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Vitamin B kompleks, vitamin D, dan vitamin E juga terkandung didalam telor asin dalam jumlah yang kecil.

3.Bagus untuk pertumbuhan anak.
Seperti yang dipaparkan diatas, telor asin mempunyai kandungan kalsium dan protein yang tinggi, serta mengandung berbagai vitamin yang menjaga agar tubuh tetap sehat. 

Kalsium dan protein yang tinggi akan membantu anak dalam masa pertumbuhan tulang dan kesehatannya. Sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk menyajikan telor asin sebagai salah satu dari berbagai menu makanan yang disantap oleh anak agar dapat membantu pertumbuhan yang sehat.

4.Membantu perkembangan kecerdasan otak.
Telor asin mengandung asam lemak omega 3 yang dipercaya sangat baik untuk kecerdasan otak. Selain membantu dalam pertumbuhan anak, telor asin ini juga dapat membantu perkembangan kecerdasan otak anak agar dapat berkembang dengan baik, sehat dan cerdas.

5.Sumber energi.
Kandungan lemak yang terdapat dalam telor pada umumnya terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipida dan kolesterol. Dari 1 gram lemak akan menghasilkan 9 kilo kalori energi. Trigliserida dan fosfolipida kandungan lemak yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh.



Beberapa Manfaat Bawang Merah
Adapun manfaat bawang merah sebagai mana yang dilansir di situs sabdaalamnusantara.blogspot.com  dan beberapa sumber lainnya adalah sebagai berikut :

1.Untuk pencegahan kanker.
Bawang merah ini kaya senyawa aktif yang berhasil menghambat perkembangan sel-sel kanker.

2.Untuk mengurangi earache. 
Beberapa Tetes Jus bawang merah ini Benar-benar Telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita dari akut sakit telinga, Dan suara dering pada telinga dapat di sembuhkan dengan mererapkan Jus bawang merah melalui kapas.

3.Untuk mengobati berbagai penyakit manusia.
Seperti penyakit tumor, batuk persisten dan dingin. Praktisi pengobatan telah menganggap bahwa ini sebagai bentuk tanaman yang sangat sempurna untuk menghilangkan Sindrom penyakit. Dengan mengkomsumsi bawang merah tersebut dapat membantu dalam pencegahan perut dan kanker payudara.

4.Untuk pengobatan intik anemia. 
Dan bahkan kondisi anemia dapat di tingkatkan dengan memakan bawang merah bersama dengan Jaggery dan air.

5.Untuk meredakan sakit perut. 
Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi Dan anti bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut dan sidrom gastro yang terkait.

6.Untuk mengobati gangguan urin. 
Bagi orang - orang yang menderita rasa terbakar pada saat membuang air kecil, bawang merah dapat memberikan bantuan yang cukup besar. Nah bagi si penderita gangguan urin tersebut harus meminum air bawang merah dengan merebus 6 sampai 7 gram bawang merah tersebut.

7.Untuk diabets melitus.
 Dari salah satu zat yang terkandung di dalam bawang merah ini adalah tolbutomid yang ternyata bisa membantu untuk mengontrol gula darah di dalam hati dan mengatur pelepasan insulin juga mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin di dalam tubuh.

8.Untuk manfaat sebagai pengganti amoniak. 
Aroma dan bau yang di miliki pada bawang merah sangatlah terasa menusuk kedalam hidung dan meransang darah, fungsi pernafasan, juga fungsi saraf. Hal seperti ini dapat membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadar diri atau pingsan.

9.Untuk mencegah terserang penyakit kanker. 
Bawang meah ini merupakan sejenis rempah-rempah yang kaya akan senyawa aktif yang mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

10.Untuk mencegah terjadinya gumpalan darah 
caranya dengan memperbanyak mengkomsumsi bawang merah yang mentah secara rutin.

11.Untuk membunuh kuman di mulut. 
Bawang merah ini ternyata sering di gunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada gigi dan infeksi di mulut. Caranya seperti dengan mengunyah bawang merah mentah - mentah. Maka akan menghilangkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut.

12.Untuk mengobati jerawat pada wajah. 
Jus yang terbuat dari bawang merah, madu dan minyak zaitun ternyata dapat membantu dalam pengobatan jerawat. 

13.Untuk mengobati luka akibat sengatan serangga. 
Nah bukan hanya untuk mengobati jerawat saja. Jus bawang merah ternyata juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh sengatan serangga seperti lebah dan kalajengking.

Justru bawang merah yang telah menjadi jus atau pasta dapat diaplikasikan pada daerah yang tersengat atau di gigit oleh serangga dan kalajengking nanti rasa sakit akan berangsur-angsur hilang.

14.Untuk sebagai pembunuh bakteri.

15.Untuk mengencerkan dahak dan membantu dalam menyembuhkan radang paru-paru.

16.Untuk mencegah terserang penyakit TBC.

17.Untuk membantu ketika anda susah buang air kecil.

18.Untuk mengobati penyakit jantung.

19.Untuk membantu meningkatkan gairah.

20.Untuk wasir dan obat cacing.

21.Untuk menghilangkan adanya mata ikan pada kaki.

Demikianlah beberapa manfaat telor asin dan bawang merah yang begitu luar biasa kegunaannya untuk kesehatan keluarga. Sungguh begitu mudahnya untuk mendapatkan produk lokal unggulan tersebut karena di sekeliling kita ada yang ternyata banyak sekali manfaatnya.

Maka mulai sekarang jangan ragu – ragu lagi untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah kita sendiri. Cintailah produk lokal demi kemaslahatan masyarakat kita. 

Ayo promosikan telor asin dan bawang merah sebagai brandmark unggulan daerah kita. Siapa lagi kalau tidak kita sebagai putra daerah !!! 



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaatkan Potensi Lokal Sebagai Benteng Kesehatan Keluarga Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda