Latest News
Friday, July 17, 2015

Hari Raya Idul Fitri Dan Kesehatan Umat


SeputarPemalang.Com - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar umat Islam pasca sebulan penuh berpuasa sebagai kawah candra dimuka menempa jati diri seorang muslim agar menjadi manusia yang sempurna untuk selalu istiqomah dalam bertaqwa kepada Allah.


Sebagai implementasi wujud syukur dalam melaksanakan hari raya idul fitri umat Islam di malam 1 syawal di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia dari sabang sampai merauke mengumandangkan kalimat takbir, tasbih, tahmid dan tahlil.


Di hari raya idul fitri umat Islam secara kesehatan dalam pemenuhan gizi sangat terpenuhi karena begitu melimpahnya hidagan hari raya. Istilah orang jawa bilang “sing langka bajane dianak-anakna sing penting go badanan ”. 


Hal ini di kandung maksud bahwa orang jawa sangat menghormati tamu yang datang kerumahnya pada saat idul fitri. Dimana pada hari itu banyak keluarga, saudara, family, kerabat dan tetangga berdatangan. Sehingga tuan rumah sudah sewajarnya untuk memberikan hidangan yang terbaik untuk sang tamunya.


Berikut hidangan utama yang biasanya di sajikan pada momen idul fitri adalah :

MAKANAN
1.Ketupat.

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Indonesia berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong terbuat dari anyaman daun kelapa (janur). Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan idul fitri, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.Makanan khas yang menggunakan kupat antara lain: kupat tahu (Grabag, kabupaten Magelang), dan kupat glabet (Brebes). Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Brunei dan Singapura. 


2.Opor Ayam.
Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.


Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan idul fitri biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng ati. 


3.Rendang
Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa(karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak). 


4.Sambal Goreng Ati Kentang.
Siapa sih yang ga tau sama ini makanan. Makanan yang merupakan teman setia dari opor ayam dan ketupat.


5.Sate.
Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kambing atau ayam yang di potong kecil-kecil lalu ditusuk dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate). 


KUE KERING DAN SNACK
1.Kue Nastar.
Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. 


2.Kue Stick Keju. 
Sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega , telur dan keju tentunya yang dilapisi dengan parutan keju. Bentuknya biasanya persegi panjang dan renyah kalau dimakan karena parutan kejunya mengering. 


3.Keripik Singkong Keju.
Kripik singkong dengan ditaburi bumbu keju yang mantap. 


4.Kacang Goreng.
Kacang tanah yang digoreng terus dikasih garam sama bawang goreng. 

5.Snack Stick Keju.


MINUMAN
1.Es Teh Manis.
2.Kolang kaling.
3.Soft Drink.


Makanan diatas sudah tidak di ragukan lagi manfaat yang di peroleh untuk asupan gizi pada badan kita. Yang jelas makanan tersebut sangat membantu perbaikan sel-sel tubuh. Salah satu contoh nyata komposisi ketupat ketan dan manfaat santan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut :


1.Ketupat Ketan adalah makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia khususnya di hari raya idul fitri.  Ketupat Ketan mengandung energi sebesar 212 kilokalori, protein 4 gram, karbohidrat 38,6 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 46 miligram, dan zat besi 1 miligram. 


Selain itu di dalam Ketupat Ketan juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari hasil penelitian terhadap 100 gram Ketupat Ketan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

  • Komposisi Kandungan Gizi Pada Ketupat Ketan :
  • Nama Bahan Makanan : Ketupat Ketan
  • Nama Lain / Alternatif : Kupat Ketan 
  • Banyaknya Ketupat Ketan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
  • Bagian Ketupat Ketan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Ketupat Ketan = 212 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Ketupat Ketan = 4 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Ketupat Ketan = 4,6 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Ketupat Ketan = 38,6 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Ketupat Ketan = 8 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Ketupat Ketan = 46 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Ketupat Ketan = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Ketupat Ketan = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ketupat Ketan = 0,07 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Ketupat Ketan = 0 mg


2.Santan.

Kita sering tidak mengetahui banyak bahwa makanan yang bersantan itu ternyata mempunyai manfaat / khasiat. Namun jika mengkonsumsi makanan yang bersantan secara berlebihan tentunya tidak baik buat kesehatan kita. Bumbu santan yang biasanya terdapat pada ketupat sayur ataupun masakan lainnya ternyata punya banyak manfaat / khasiat.

Berikut ini merupakan manfaat / khasiat bumbu santan yang terdapat pada masakan bagi tubuh kita :

a.Asam laurat.
Santan mengandung asam laurat yg merupakan anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba &anti-jamur sehingga meningkatkan imunitas.

b.Meredakan sakit.
Mengonsumsi santan bisa membantu meredakan radang tenggorokan bahkan sakit bisul.

c.Lemak jenuh.
Lemak jenuh pada santan cepat berubah menjadi energi, tidak menumpuk dlm tubuh sehingga baik dikonsumsi saat diet.

d.Susu.
Santan bisa sebagai pengganti susu sehingga bagi yang alergi pd produk susu tetap mendapat manfaat susu dari santan.

e.Perawatan kulit.
Santan melembabkan kulit yg keringat & keriput. Santan juga bagus utk dipakai keramas agar rambut lembut & mudah diatur. 


Begitu berkah dari perayaan idul fitri. Banyak makanan yang melimpah ruah yang mengandung manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Mari rayakan idul fitri dengan saling maaf memaafkan. Idul Fitri memang OKE !!!



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hari Raya Idul Fitri Dan Kesehatan Umat Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda