Latest News
Monday, July 13, 2015

Faedah Positive Thinking Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jiwa

Faedah Positive Thinking Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jiwa

SeputarPemalang.Com - Positive Thinking merupakan kata dari bahasa inggris yang populer di kalangan kita untuk menyatakan sesuatu hal yang baik. Cara bahasa Indonesianya berbaik sangka atau berprasangka baik. Kalau dalam istilah agamanya lebih kita kenal dengan namanya husnuzhon.

Hal ini sangat di anjurkan dalam Islam sebagaimana dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.”  (Muttafaqun ‘alaih).

Jabir berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda saat tiga hari sebelum beliau wafat yang artinya : “Janganlah salah seorang di antara kalian mati melainkan ia dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah” (HR. Muslim no. 2877).

Dalam Kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, 10/220 dikatakan yang artinya: " Seorang mukmin diharuskan berprasangka baik kepada Allah Ta’ala, dan lebih ditekankan dalam prasangka baik kepada Allah ketika ditimpa musibah dan ketika akan meninggal dunia ”.

Ada beberapa pendapat tentang pengertian positive thinking. Diantaranya yaitu bahwa positive thinking adalah :

1.Cara pandang seseorang yang membuatnya melihat segala sesuatu secara baik, seorang yang memiliki sikap baik akan mepertimbangkan segala sesuatu dengan pikiran jernih dan hatinya bersih dari prasangka yang belum tentu kebenaranya.

2.Merupakan cara pandang seseorang yang mengedepankan atau melihat sesuatu dan segala apa yang terjadi dalam hidupnya sebagai pengalaman yang sangat berharga untuk kesuksesannya.

Oleh karena itu, selalu berpikiran positif dalam setiap keadaan akan memberikan dampak yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan baik tubuh maupun jiwa kita.

Dengan demikian kita sangat disarankan untuk mengubah pola pikir kita yang selalu negatif menjadi sesuatu hal yang positif maka kita akan mendapatkan efek yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan terhadap para pasien yang sakit dengan menyuruh para pasien untuk selalu berpikiran positif selama mereka sakit ternyata mampu mengubah respon emosional para pasien tersebut terhadap rasa sakit sehingga mampu mengurangi rasa sakit yang diderita mereka hingga mencapai 60 persen, luar biasa bukan?

Artinya rasa sakit yang dialami oleh seseorang yang sedang sakit akan mempengaruhi bagian otak sehingga memberi dampak orang tersebut akan menjadi lebih sensitif dan lebih mudah.

Sebaliknya kalau seseorang berpikiran negatif maka penyakit yang dideritanya oleh orang tersebut akan menjadi susah sembuh atau bahkan bertambah parah. Maka dari itu jika saat kita sakit biasakanlah untuk selalu berpikiran positif agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan mudah.



Tips Positive Thinking
Artinya kiat-kiat bagaimana dan strategi atau taktik apa saja biar kita sebagai manusia bisa memunculkan sikap berpikir positif dalam menghadapi persoalan hidup kapanpun dan dimanapun berada. 

Tips Positive Thinking menurut situs http://sehatalami99.blogspot.com adalah sebagai berikut :
1.Hilangkan pikiran-pikiran yang negatif dan tidak membangun.
2.Berkumpulah dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif.
3.Sebaiknya menjauh saat kita berhadapan dengan orang-orang yang suka menggosip atau menjelek-jelekkan orang lain.
4.Buat suasana menjadi lebih menyenangkan atau mengikuti kegiatan rekreasi yang menyenangkan.
5.Selalu optimis dalam segala keadaan bahkan bila perlu mempunyai mimpi atau cita-cita yang besar.
6.Banyaklah membaca atau menonton hal-hal yang bisa membangun kita menjadi lebih baik misalnya kutipan inspirasional.
7.Banyaklah bersentuhan dengan alam misalnya menikmati pemandangan, pe
rgi ke pantai, berjalan-jalan di pegunungan. 
8.Lakukanlah pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi, menghilangkan stres dan hal-hal lainnya.
9.Banyaklah berdoa dan mengucap syukur untuk setiap hal yang kita alami.

Tips Positive Thinking menurut situs http://health.kompas.com adalah :
1.Jadilah optimis dan mengharapkan hasil yang baik dalam segala situasi. 
2.Cari alasan untuk tersenyum lebih sering. 
3.Visualisasikan hanya apa yang Anda inginkan terwujud
4.Libatkan diri Anda dalam kegiatan rekreasi menyenangkan.
5.Baca dan kutipan yang inspirasional.
6.Ikuti gaya hidup sehat. Olahraga setidaknya tiga kali seminggu.
7.Bergaulah dengan orang yang selau berpikir positif.

Tips Positive Thinking menurut Dr.Jamal Ma’mur Asnawi adalah :
1.Ambil sisi baik permasalahan.
2.Hindari generalisasi.
3.Jangan pernah berhenti melangkah.
4.Cuek terhadap komentar miring.
5.Berlatih percaya diri.
6.Beri bukti bukan janji.
7.Tidak membesar-besarkan masalah.
8.Ingat terus tujuan jangka panjang.
9.Pentinnya gradualisasi dalam proses.
10.Lebih intens kepada Tuhan.
Dari semua tips di atas dapat di simpulkan bahwa kita harus yakin dengan seyakin-yakinnya dan dengan sepenuh hati kepada Allah SWT bahwa semua yang ada di muka bumi ini adalah kehendak Allah. Manusia hanya bisa mengkonsep atau merencanakan tapi semua_Nya adalah tergantung Allah.

Aplikasi Positive Thinking
Dalam melaksanakan tips berpikir positif di atas tidak membatasi satu persoalan tapi semua persoalan yang ada di dalam hidup kita. Semua problem dan kegiatan apa saja hendaknya berpikiran positif selalu dikedepankan.

Sebagai salah satu contoh dalam melaksanakan sebuah roda organisasi atau kepanitiaan suatu kegiatan hendaknya sang ketua mempercayai sepenuhnya kepada pemegang keuangan yaitu di bendahara. Jangan di pegang oleh diri ketua.Makanya perlu adanya job description.

Jangan meniru menejemen tukang cukur yang semuanya serba sendiri. Tapi tirulah menejemen tukang bakso. Karena disitu sangat jelas ada bagian tersendiri masing-masing bagian.Ada yang bagian cuci mangok dan gelas, ada bagian yang melayani, ada bagian yan menerima pembayaran dan lain sebagainya.



Faedah Positive Thinking 
Berikut ini beberapa faedah atau manfaat dari positive thinking atau berbaik sangka  sebagaimana yang di lansir http://health.kompas.com  adalah sebagai berikut : 

1.Mengatasi stres. 
Berpikir positif membantu Anda mengatasi situasi stres, mengabaikan pikiran negatif, mengganti pikiran pesimis menjadi optimis, mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Ketika Anda mengembangkan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik. 

2.Menjadi lebih sehat.
Pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika Ada mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka Anda akan merasakan kesejahteraan. Dan ini berarti Anda tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi.

3.Percaya diri.
Dengan berpikir positif, maka Anda lebih percaya diri dan tidak untuk menciba menjadi orang lain. Jika Anda tidak percaya diri Anda tidak akan pernah mendaptkan kehidupan yang lebih baik.

4.Bisa mengambil keputusan yang benar.
Berpikir positif mencegah Anda memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian Anda sesali. Berpikir positif membuat Anda memilih keputusan dengan cepat.

5.Meningkatkan fokus.
Menggunakan pikiran positif membantu Anda lebih fokus saat menghadapi masalah. Jika Anda berpikir negatif akan membuang-buang waktu, dan energi Anda.

6.Bisa mengatur waktu lebih baik.
Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, Anda akan lebih terorganisir. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

7.Lebih sukses dalam hidup.
Sikap positif tak hanya bisa meningkatkan fokus Anda dan lebih bisa mengatur waktu dengan baik tetapi mengarahkan Anda pada kebahagian dan keberhasilan saat mengubah hidup Anda.

8.Memiliki banyak teman.
Ketika berpikir positif, Anda akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan Anda mereka akan merasa nyaman.

9.Menjadi pemberani.
Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa Anda tetap positif Anda akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Anda dapat menghadapinya.

10.Hidup lebih bahagia.
Percaya diri merupakan suatu fakta bahwa Anda bahagia menjadi diri Anda sendiri dan tidak mencoba untuk menjadi orang lain. Jika Anda memiliki semangat berpikir positif, Anda selalu mengantisipasi hidup bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Adapun faedah positive thinking sebagaimana yang di lansir di situs http://intips-kesehatan.blogspot.com adalah sebagai berikut :

1.Memiliki Kemampuan Menangkal Tingkat Stres Yang Dimiliki. Beban pekerjaan dan beban hidup yang kian bertambah mampu meningkatkan stres pada pikiran anda. Bagi mereka yang berpikiran positif, akan  mengambil setiap hikmah dari berbagai beban pekerjaan dan beban hidup yang mereka miliki dan mengatasi serta mencari solusinya bukan hanya meratapinya.

2.Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya.
Mengisi otak dengan berbagai pikiran yang positif akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki. Dengan kekebalan tubuh yang terus meningkat, maka berbagai penyakit akan sangat sulit untuk menyerang tubuh anda.

3.Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. 
Bagi mereka yang selalu berpikiran positif akan selalu bersyukur dan menjaga nikmat sehat yang mereka miliki. Dengan berusaha untuk bergaya hidup sehat, menjaga kesehatan seluruh organ termasuk jantung dan tidak meracuni tubuhnya dengan berbagai makanan yang bisa membahayakan kesehatannya.

4.Tidak Pernah Berhenti Berusaha Untuk Kesembuhannya.
Bagi  mereka yang berpikiran positif tidak akan menyerah dengan penyakit yang dideritanya. Mereka akan selalu mencari solusi dan mencari kesembuhan atas penyakitnya. Karena setiap penyakit pasti ada obatnya.

5.Selalu Percaya Diri Atas Cacat Fisik Yang Dimilikinya.
Setiap orang dilahirkan berbeda dari fisik maupun sikapnya. Terkadang mereka memiliki cacat fisik dalam tubuhnya. Namun berusaha bersyukur dan berpikiran positif akan membuat mereka menemukan kelebihan yang ada pada dirinya yang tidak dimiliki oleh orang yang sempurna fisiknya.

Sedangkan  faedah positive thinking menurut situs http://duniaislamkami.blogspot.com adalah sebagai berikut : 
1.  Menumbuhkan perasaan cinta kepada Allah, artinya melaksanakan perintah Allah dan Rasul serta menjauhi segala larangannya, melaksanakan jihad fisabillilah dan mencintai sesama manusia karena Allah.
2.  Menumbuhkan perasaan syukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya.
3.  Menumbuhkan sikap sabar dan tawakal.
4.  Menumbuhkan keinginan untuk berusaha beroleh rahmat dan nikmat Allah
5.  Al – afwu (pemaaf)
6.  Al – wafa (menepati janji)
7.  Mendorong manusia mencapai kemajuan.
8.  Menimbulkan ketentraman.
9.  Menghilangkan kesulitan dan kepahitan.
10.Membuahkan kreasi yang produktif dan daya cita yang berguna.

Begitu besar faedah positive thinking bagi kesehatan seseorang yang masih hidup di alam kehidupan nyata ini. Bahkan sampai-sampai alam jagat raya ini ikut membantu mendorong dan menggiring pada apa-apa yang di pikirkan oleh kita.

Ayo terbiasakanlah berpositive thinking. Karena keberhasilan dan kesehatan tubuh dan jiwa terjadi kepada orang – orang yang berpositive thinking !


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Faedah Positive Thinking Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jiwa Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda