Latest News
Wednesday, June 24, 2015

Pembangunan Tol Pejagan-Pemalang Rusak Infrastruktur Jalan Brebes

Pembangunan Tol Pejagan-Pemalang Merusak Infrastruktur Jalan Brebes

SeputarPemalang.Com - Pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang berdampak buruk bagi infrastruktur jalan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Brebes, Marwanto, mengatakan kerusakan terjadi karena berseliwerannya truk yang menurunkan material ke proyek tol tersebut.


"Ruas jalan kabupaten menjadi rusak. Ditambah situasi alam dan intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa waktu lalu," kata Marwanto, Selasa (23/6/2015).

Menyikapi hal ini, DPRD Brebes akan menagih janji PT Waskita Karya sebagai kontraktor tol Pejagan-Pemalang untuk memperbaiki jalan kabupaten. Apalagi tak lama lagi Brebes harus menghadapi arus mudik dan balik sebulan ke depan.

“Kami akan memanggil PT Waskita Karya dan mempertanyakan kesepakatan yang sudah diteken dengan pemkab Brebes beberapa waktu lalu mengenai persoalan ini,” kata Anggota Komisi III DPRD Brebes, Wamadiharjo.

Dalam nota kesepakatan (MoU) yang telah ditandangani pihak PT Waskita Karya dengan pemkab Brebes tertulis PT Waskita Karya siap memperbaiki kerusakan jalan di beberapa titik jalan kabupaten akibat dampak pembangunan tol Pejagan-Pemalang.

Namun, MoU yang disaksikan langsung Bupati Brebes Idza Priyanti itu hingga saat ini terealisasi. Belakangan diketahui ternyata dalam MoU tersebut tidak ditentukan tanggal pelaksanaan, sehingga tidak ada ketentuan kapan perbaikan dilakukan.

“Mestinya dalam MoU tersebut PT Waskita Karya menyebutkan bahwa kerusakan jalan di beberapa titik akan dikerjakan pada tanggal sekian,” ujarnya.

Wamadiharjo berharap sebelum memasuki arus mudik Lebaran, PT Waskita Karya dapat segera memperbaikinya. Sebab, jika dikerjakan setelah Lebaran akan sangat mengganggu kelancaran arus mudik. "Amat berbahaya bagi pemudik," ujarnya.

Pemerintah pusat tengah menggenjot pembangun tol dari Pejagan ke Pemalang. Namun, proyek tol sepanjang 57,5 kilometer tersebut membuat sejumlah ruas jalan kabupaten di Brebes rusak parah oleh angkutan truk-truk yang membawa tanah urugan tol. [metrotv]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pembangunan Tol Pejagan-Pemalang Rusak Infrastruktur Jalan Brebes Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda