Latest News
Monday, June 15, 2015

Dindikpora Pemalang Berlakukan 5 Hari Masuk Sekolah Bagi Siswa SMA dan SLB

Dindikpora Pemalang Berlakukan 5 Hari Masuk Sekolah Bagi Siswa SMA dan SLB

SeputarPemalang.Com -  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Pemalang akana menerapkan 5 hari masuk sekolah bagi siswa SMA/ SMK dan SLB. Hal tersebut mendasari surat edaran Gubernur Jawa Tengah nomor : 420/006752/2015 tentang Penyeleggaraan Pendidikan pada Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Tengah yang dikirim ke selruh bupati/ walikota se Jawa Tengah.

Kepala Dindikpora Pemlaang Sugiyanto melalui Kabid Pendidikan SMP/SMA, Khalimi menyampaikan, surat edaran Gubernur Jawa Tengah bersifat imperative sehingga siap tidak siap harus dilaksanakan. Adapun nanti di tengah jalan terjadi kendala atapun permaslaahan Dindikpora akan melaporkan ke Gubenrur. 

“Prinsipnya karena perintah gubernur harus dijalankan,” tegas Khalimi, Senin (08/06).

Dikatakan oleh Khalimi, terkait dengan hal tersebut, saat sekarang pihaknya belum memberikan perintah atau belum bersikap karena dalam edaran tersebut apakah nanti bersifat semua apakah secara selektif. Hal tersebut akan dibahas terlebih dahulu dengan dewan pendidikan dan juga pengawas . 

“Kami belum memutuskan, Rabu baru akan dirapatkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Disampaikan, Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah yang menerapkan 5 hari masuk sekolah bagi SMA/ SMK dan SLB bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi peserta didik di lingkungan keluarga serta upaya peningkatan kapasitas manajemen pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

Hal tersebut juga sesuai pasal 8 Kemendiknas nomor 125/U/2002 yang menyatakan bahwa sekolah dapat meneyelenggarakan pendiidkan 5 atau 6 hari belajar per minggu yang setara dengan 200 sampai 245 hari efektif per tahun sepanjang tidak mengurangi jumlah jam mengajar yang telah ditetapkan. 

Terkait dengan hal tersebut maka pelaksanaan pendidikan untuk jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK) dan pendidikan khusus (SLB) mulai tahun peajaran 2015/2016 dilaksankan selama 5 hari per minggu.

Sedangkan untuk penyelenggaraan pendidikan jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) pengaturan lebih lanjut disesuakan dengan situasi dan kondisi sekolah serta kebutuhan kabupaten setempat dengan tetap berpedoman pada Kemendiknas nomor 125/U/2002.

Untuk jenjang pendidikan SMA/SMK dan pendidikan khusus (SLB) apabila pelaksanaan 5 hari per minggu belum dilaksanakan secara menyeluruh dapat diberlakukan secara selektif dan disusulkan penetapannya oleh Bupati / walikota kepada gubernur Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.[radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dindikpora Pemalang Berlakukan 5 Hari Masuk Sekolah Bagi Siswa SMA dan SLB Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda