Latest News
Monday, June 15, 2015

Bawang Impor, Bupati Pemalang Perintahkan Diskoperindag Cek Lapangan

Bawang Impor, Bupati Pemalang Perintahkan Diskoperindag Cek Lapangan

SeputarPemalang.Com -  Beredarnya bawang merah dengan ukuran besar seperti bawang Bombay akan tetapi beraroma hambar dan tidak setajam bawang merah lokal ataupun bawang merah asal Brebes menjadikan permasalahan tersendiri. Terutama bagi pedagang bawang merah di pasar sayur dan buah Pemalang. 

Pedagang bawang merah lokal menjadi agak tersingkir karena bawang tersebut dijual lebih murah dan dengan ukuran lebih besar. Bawang tersbut diduga bawang impor dari Filipina yang disuplay dari berbagai kota seperti Wonosobo, Majalengka dan lainnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Pemalang, H Junaedi memerintahkan Dinas Koperasi Perindustrian UKM dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk mengecek kondisi di lapangan.

“Saya sudah perintahkan dinas untuk mengecek apakah itu bawang impor atau lokal,” jelas Bupati, Sabtu (13/04) di sela-sela acara pelantikan DPD LDII Kabupaten Pemalang, di SLB 1 Pemalang sebagaimana dilansir RadarPekalongan.

Menurut Bupati, bahwa secara pribadi dirinya belum menemukan adanya bawang impor di Pemalang, akan tetapi dalaam rangka antisipasi peredaran bawang impor dan juga antisipasi harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pemalang akan melakukan hal tersebut dengan harapan masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan pokoknya.

“Seandainya ada bawang merah impor, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Pemalang akan berkordinasi dengan dengan pemerintah pusat bagaimana barang-barang itu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat ada kontrol bersama.”

Disampaikannya bahwa Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui dinas terkait maupun secara langsung bupati turun ke lapangan setiap bulannya selalu mengadakan pemantauan harga ke pasar-pasar di Kabupaten Pemalang. 

Hasil pantauan tersebut dilaporkan kepada Kementerian Perdagangan RI dan presiden dan untuk mendapatkan penilaian bagaimana perkembangannya, termasuk stok pangan di daerah tersebut.

“Pemantauan tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, setiap bulan kami melakukan pemantauan,” kata Bupati.[Radar Pekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bawang Impor, Bupati Pemalang Perintahkan Diskoperindag Cek Lapangan Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda