Latest News
Thursday, June 11, 2015

8 Tahun Mangkrak, Tol Pemalang-Batang Baru Kelar Tahun 2018


SeputarPemalang.Com - Setelah mandek selama 8 tahun sejak 2008 lalu, kini rencana pelaksanaan pembangunan jalan tol Pemalang-Batang diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebelumnya dilaksanakan oleh investor, yang terbentur masalah keuangan dalam rangka pembebasan lahan.

Untuk kali ini pihak Kementerian PU, sebagai langkah awal akan melakukan pembebasan lahan dalam dua tahap. Tahap pertama, Pemalang-Batang, 39 km, dan tahap kedua Batang-Semarang sepanjang 75 km.

"Secepatnya ini sudah selesai, bahkan sebelum lebaran kelar," Subagyo, selaku Direktur Bina Teknik, Kementerian PU dan PR, saat bertatap muka dengan para pemimpin daerah, Batang-Pekalongan, Senin (8/6/2015) di Aula Kantor Bupati Batang.

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, sangat mendukung adanya keseriusan setelah proyek jalan tol selama 8 tahun mandek.

"Ya, semoga dengan pengambilan alih ini, berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak kembali berlarut-larut," ujarnya

Bupati Batang menambahkan, di wilayah Batang ada beberapa banda desa yang di lalui rencana jalan tol. "Kita merasa kesulitan mencari lahan pengganti. Untuk itu kami mohon bisa dicarikan penggantinya oleh BPN," Jelas Yoyok, Bupati Batang.

Selain itu, di wilayah Batang juga ada dua daerah yang sudah terlanjur padat penduduk dan trek jalan tol melalui lokasi itu. Sementara itu, Bupati Pekalongan, Ahmat Antono, menegaskan program proyek jalan tol ini terlalu lama tertunda. 

"Masalahnya tanah kas desa yang kenal agar dirapatkan dengan Kementerian Dalam Negeri, dan gubernur untuk izin lokasi untuk dipercepat," Kata Ahmat sebelum melaksanakan tertutup dengan instansi terkait di Batang.[detik]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 8 Tahun Mangkrak, Tol Pemalang-Batang Baru Kelar Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda