Latest News
Monday, June 22, 2015

7 Warga Tolak Ganti Rugi Tanah di Tol Pejagan-Pemalang

7 Warga Tolak Ganti Rugi Tanah di Tol Pejagan-Pemalang

SeputarPemalang.Com - Tujuh warga yang tanahnya terkena imbas pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang tetap menolak ganti rugi dari Tim Pengadaan Tanah (TPT) maupun Panitia Pengadaan Tanah (P2T). Warga meminta harga tanah lebih besar dari harga yang telah ditetapkan.  

Bupati Brebes Idza Priyanti mengimbau pemilik tanah mengutamakan kepentingan umum ketimbang pribadi. Harga yang sudah ditetapkan pihak appraisal atau penilai tersebut sudah mempertimbangkan segala aspek normatif dan regulasi yang ada.

“Saya minta warga yang berhak atas tanah dapat menerima besaran ganti rugi tanah yang telah ditentukan. Diharapkan keikhlasannya dan kebesaran hatinya dan tidak perlu menempuh langkah-langkah yang bersifat upaya paksa (konsinyasi),” kata Bupati saat pertemuan dengan para pemilik tanah, di ruang Asisten I Sekda Brebes, Senin (22/6/2015).

Sayangnya, harapan Bupati bertepuk sebelah tangan. Para pemilik tanah tetap bersikukuh, bahkan siap untuk menempuh langkah konsinyasi di pengadilan.

Seperti diberitakan, menjelang dibukanya jalan tol Pejagan-Pemalang untuk arus mudik, proses ganti rugi tanah jalan tol masih menyisakan persoalan. Tujuh warga Brebes yang lahan maupun rumahnya terkena proyek, tetap menolak ganti rugi yang ditawarkan.

Tim pengadaan tanah ruas jalan tol Pejagan-Pemalang telah menawarkan besarnya ganti rugi untuk tanah, bangunan, dan tanaman sebesar Rp190 ribu per meter persegi. Selain itu, ditambah pula dengan ganti rugi bangunan dan tanaman. Semuanya atas nama Darsiti.

Sedangkan untuk tanah sawah atas nama Sri Utami CS, ganti rugi tanah sebesar Rp99 ribu per meter persegi untuk tanah bersertifikat, ditambah dengan ganti rugi tanaman.

Namun, pemilik tanah bersikukuh agar tanah darat bisa dilepas dengan harga Rp1,5 juta per meter persegi. Sementara untuk tanah sawah bervariasi antara Rp400 ribu hingga Rp1 juta per meter persegi. [metrotv]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 7 Warga Tolak Ganti Rugi Tanah di Tol Pejagan-Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda