Latest News
Thursday, May 21, 2015

Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Persiapan Mudik Lebaran

Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Persiapan Mudik Lebaran

SeputarPemalang.Com - Hari raya Lebaran adalah hari sakral bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dimana silahturahim kepada sanak saudara serta keluarga adalah hal yang wajib dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Jelang Lebaran, maka tradisi mudik menjadi hal yang wajib untuk menyambung tali silahturahim.Untuk mencari pekerjaan yang jauh dari kota tempat tinggal asal menjadikan masyarakat Indonesia pasti menyempatkan diri untuk pulang kampung.

Perihal inilah yang menjadi perhatian utama pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pendukung pada ketika mudik Lebaran, utamanya jalan darat. Sebabnya, jalan darat adalah penyambung transportasi masyarakat Indonesia yang paling ekonomis lainnya jalan kereta api serta jalan udara melalui pesawat terbang.

Setiap tahunnya, pemerintah terus berbenah diri dalam menyiapkan infrastruktur jalan untuk penyambung transportasi demi menyiapkan mudik Lebaran. Melalui perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Waskita Karya (Persero), pemerintah menyiapkan jalan tol Pejagan-Pemalang yang akan siap dioperasikan untuk mudik Lebaran tahun ini.

Proyek tol Pejagan-Pemalang yang dikerjakan oleh anak perusahaan Waskita Karya, PT Waskita Toll Road, mulai dilakukan groundbreaking pada Juli 2014. Sampai Maret lalu, progres perusahaan tol Pejagan-Pemalang ini sudah mencapai 35 persen.

Walau, Sekretaris Perusahaan (Sekper) Waskita Antonius Yulianto meyakinkan, jalur jalan tol ke arah timur bisa dilalui pada ketika mudik serta arus balik lebaran tahun ini.

"Para pemudik bisa menggunakan jalur sisi kiri yang sudah selesai dikerjakan dengan aspal agregat A lapis 10 cm," papar Antonius , di Jakarta, Hari kamis (21/5/2015).

Dengan begitu, pemudik Lebaran tahun ini tidak akan ambil pusing pada kemacetan yang selalu terjadi pada ketika mudik serta arus balik lebaran. Didukung dengan penyediaan jalan tol Pejagan-Pemalang, para pemudik bisa dengan santai menikmati libur Lebaran tanpa dipusingkan kemacetan.

Sebagai informasi, proyek pembangunan Pejagan-Pemalang mulai dilaksanakan tahun lalu serta ditargetkan rampung pada 2016. "Keberadaan jalan tol yang menjadi bagian jaringan jalan tol Trans Jawa ini, diharapkan mampu menunjang jalur Pantura yang kondisinya semakin padat," papr Antonius.

Jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki total panjang 57,50 kilometer (km). Proyek jalan ini melintasi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal serta Kabupaten Pemalang. Pekerjaan proyek dengan nilai investasi sampai Rp2,3 triliun ini meliputi Seksi I serta II yang dilaksanakan oleh Divisi Infrastruktur PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Pekerjaan seksi I meliputi Jalan Pejagan-Brebes Barat dengan panjang 14,2 km serta menelan investasi sebanyak Rp850 miliar. Sementara untuk Seksi II, meliputi Brebes Barat sampai Brebes Timur dengan panjang jalan 6 km serta menelan biaya investasi sebesar Rp703 miliar.[metrotv]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Persiapan Mudik Lebaran Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda