Latest News
Monday, April 27, 2015

Waskita Karya Bidik Konsesi Tol Pemalang-Batang-Semarang


SeputarPemalang.Com - PT Waskita Karya memburu konsesi dua ruas tol yang menjadi bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa. Direktur Utama PT Waskita Karya, M.Choliq menyatakan pihaknya masih terus melakukan penjajakan untuk dapat mengakuisisi kedua ruas tol tersebut.

"Penjajakan telah kita lakukan semenjak enam bulan yang lalu," ujar Choliq saat dihubungi Hari Sabtu (25/4/2015). 

Baginya, Waskita berminat untuk mengambil alih kedua ruas tersebut sebagai upaya untuk mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi yang menginginkan agar jalan tol Trans Jawa sepanjang 615 yang membentang dari Jakarta sampai Surabaya dapat segera tersambung pada tahun 2018. 

Kendati sudah melakukan penjajakan, Choliq memaparkan bahwa pengelola jalan tol kedua ruas tersebut menolak untuk melepas konsesi yang mereka miliki. 

"Pemegang konsesi kini masih menyatakan sanggup membangun serta belum rela untuk melepas konsesi," katanya.

Sedangkan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-Pera Achmad Gani Ghazaly menyatakan progress pengadaan lahan untuk ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 39 km, serta Batang-Semarang sepanjang 75 km baru mencapai 3%.

Ia menjelaskan, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses pengadaan lahan dengan menerapkan aturan baru yakni UU No.2/2012 tentang Pengadaan Lahan untuk Pembangunan Demi Kepentingan Publik. 

"Kita akan percepat proses pembebasan lahannya. Selepas tanahnya bebas, kita akan beri waktu kepada BUJT selama 1 bulan untuk mencari pinjaman," katanya. 

Baginya, apabila BUJT tak segera memulai proses konstruksi dalam wakti satu bulan selepas tanah sukses dibebaskan, maka BPJT akan menawarkan pengusahaan jalan tol tersebut kepada investor lainnya.[bisnis]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Waskita Karya Bidik Konsesi Tol Pemalang-Batang-Semarang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda