Latest News
Thursday, April 30, 2015

VIDEO: Kreativitas Anak Bangsa Dalam Melestarikan Seni dan Budaya


SeputarPemalang.ComSeni budaya di pemalang sangatlah banyak tapi yang memperkembangan hal itu secara nyata kebanyakan dari masarakatnya sendiri namun perkembangan itu tidaklah cukup kalau tidak di kembangkan dari pemerintahnya sendiri.

Perkenalkanlah kami dari Ndeso Film Production beralamat di Kelurahan Moga Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, sebagai Komunitas sosial yang bertujuan untuk memajukan seni budaya lokal khususnya maupun di tingkat Nasional melalui Film-film Pendek dan Karya Kejurnalistikan.

Sepintas mngenang pembuatan film dokumenter yang lalu telah kami buat tentang mengangkat  seni budaya di  Kota Pemalang propinsi Jawa Tengah ternyata banyak melahirkan berbagai seni kebudayaan dan kerajinan terutama tentang keberadaan nama makanan ringan khas Pemalang yaitu manisan cermai dan pepaya serta semacamnya yang menurut sejarah asal muasal manisan dari kota Pemalang khususnya Pemalang selatan tepatnya di desa Moga.

Dan tidak hanya itu dari seni budaya juga banyak melahirkan kebudayaan yang hampir punah seperti Pencak Kuntulan,tari slendang kuning,sintren kuda kepang, gamelan  dll yang kemungkinan ketika kami tidak ingin mengetahui tentang budaya kami, mungkin tidak akan tahu selamanya.

Ini sungguh miris ketika kami dan warga Pemalang tidak ingin mengetahui apalagi melestarikan mungkin akan hilang selama-selamanya.maka dengan adanya film ketiga ini setelah film judul ‘ ujung cerita ‘ dan ‘Mutiara kasih ibu‘. 

Kami akan menpersembahkan isi film dokumenter sepintas tentang manisan cermai, pepaya dll dan seni pecak kuntulan yang konon menurut sejarah terlahir di desa moga kecamatan moga yang waktu dulu sebagai kegiatan sehari-hari di kalangan masarakat kecamatan Moga sampai di akui di dunia persilatan waktu dulu, tapi sekarang pelestarian itu entah bagaimana kedepan di Pemalang selatan.

Dengan pembuatan film dokumentar ini akan menberikan pesan positif kami untuk hal seni budaya ini. Di film ini kami akan mengundang saksi sejarah dan menperaktekan pecak kuntulannya yang katanya pecak kuntulan itu masih ada yang melestarikannya di suatu sudut di desa gendowang kecamatan moga kabupaten pemalang jawatengah.

Bukan hanya hal itu di film dokumenter itu kami tampilkan tempat-tempat wisata pemalang selatan yang mungkin perlu untuk kita bersama membuahkan ide – ide untuk memajukan.

Film dokumenter ini mempunyai nilai sarat pesan pendidikan,budaya dan pelestarian alam maka dari itu silahkan untuk melihat film drama dokumenter ini di situs video.com Indonesia short film festival SCTV http://www.vidio.com/watch/58274-isff-2015-dramadokumenter-puisi-kebudayaanku-moga-pemalang-full


Tonton dan like sebanyak-banyaknya agar bisa masuk nominasi pemenang like terbanyak. Lebih banyak yang nonton lebih terkenal kota pemalang ini, kami tidak semata –mata mengharapkan menang karna jelas akan kalahi, yang kami harapkan film ini memberikan inspirasi kepada kita semua dalam hal seni budaya dan lain-lain khususnya warga pemalang.

Demikianlah yang saya (khoiruzzaman maman moga) tulis ini. Kami berharap dari pemerintah kabupaten Pemalang pada khususnya dan kita semua pada umumnya dapat mengembangkan seni budaya pemalang yang telah lama hilang. guna merealisasi ide-ide menuju perubahan seni,budaya dan sosial kemasarakatan.

Perubahan sosial yang kami maksudkan adalah adanya tranformasi nilai dan aksi dari kami dan para pemuda-pemudi agar bisa sama-sama mengembangkan seni budaya dan semacamnya. Lebih dari itu, kami berharap adanya ini dapat menggugah masyarakat untuk memberikan perhatiannya secara praktis kepada permasalahan Keberadaan seni, kebudayaan dan kerajinan serta semacamnya.


Kiriman:
Maman (Moga)

kaubukansapa@gmail.com@gmail.com


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: VIDEO: Kreativitas Anak Bangsa Dalam Melestarikan Seni dan Budaya Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda