Latest News
Tuesday, April 14, 2015

Ratusan Warga Blokade Tol Pejagan - Pemalang


SeputarPemalang.Com - Ada ratusan warga Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes menggelar aksi unjuk rasa dengan memblokade proyek jalan tol Pejagan-Pemalang yang dalam proses pembangunan, Jumat sore (10/4).

Dimana aksi itu dilakukan warga sebagai bentuk memprotes keras terhadap pembangunan tol itu, yang menutup akses jalan desa.

Para pendemo menuntut pihak tol membangunkan akses jalan bagi warga, sebab jalan yang ditutup menjadi jalur utama pertanian serta jalur menuju kota kecamatan.

Aksi blokade dilakukan warga dengan menutup jalan tol yang sedang dalam pembangunan yang melintas di desanya dengan menggunakan spanduk. Akibatnya, aktivitas kendaraan material serta alat berat untuk pembangun tol itu terhambat.

Lainnya melakukan blokade jalan tol yang sedang dibangun tersebut, warga juga melakukan orasi terbuka. Mereka mendesak pihak berwenang terkait proyek tol bertanggung jawab atas tertutupnya akses warga menuju lahan pertanian serta kota kecamatan.

Jalan Warga

”Tuntutan kami hanya satu, dibuatkan jalan akses bagi warga serta posisinya jalan tol yang di atas. Sementara jalan warga di bawah,” tandas Torisin (28), salah seorang utusan warga Desa Sidamulya.

Ia membeberkan, warga resah dengan adanya proyek pembangunann tol itu karena nantinya akan menutup akses jalan yang menghubungkan dua desa. Yakni, Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari serta Desa Pulosari, Kecamatan Brebes. Walaupun jalan yang nantinya ditutup akibat proyek tol itu selama ini digunakan sebagai jalur pertanian serta akses jalan menuju kota.

”Kami mohon pihak terkait proyek tol ini bertanggung jawab, karena warga telah dirugikan. Kami tak akan menghambat proyek nasional ini, asalkan juga tak merugikan warga,” paparnya.

Selepas berorasi, warga bersama utusan PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) melakukan perjumpaan dengan dimediasi Pemkab Brebes, Polres Brebes serta Kodim 0713 Brebes. Tapi, perjumpaan antara kedua belah pihak itu tak ada titik temu.

Warga tetap bersikeras memohon dibangukannya akses jalan.

Walau pihak PPTR menyanggupi untuk membangun jalan akses warga, namun jalan itu dinilai tak sesuai dengan harapan warga sehingga ditolak.

Akitab tak ada titik temu, perjumpaan ulang akan dihelat hari Minggu depan di Kantor Bupati.

Utusan PT PPTR, Mita menjelaskan kepada wartawan, pihaknya akan memenuhi permintaan warga untuk membangunkan akses jalan.

Yaitu, dengan memuat gorong-gorong di bawah tol untuk jalan desa setingga 1,3 meter.

”Hal ini sesuai dengan perencanaan awal serta anggaran yang telah ditentukan. Walau demikian, kami akan mencari solusi yang terbaik agar masalah ini dapat terselesaikan. Kami juga akan bicarakan lagi dengan Pemkab agar dapat menjelaskan secara teknis sehingga dapat diterima warga,” katanya. [suara merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Warga Blokade Tol Pejagan - Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda