Latest News
Monday, April 20, 2015

Pemkab Pemalang Sediakan 42,5 Hektare Untuk Pembangunan Bandara


SeputarPemalang.Com - Pemkab Pemalang menyediakan calon lokasi untuk pembangunan bandara pesawat perintis seluas 42,5 hektare di pinggir pantai yang strategis.

Hal itu dikemukakan Sekda Pemalang Budhi Rahardjo ketika ditanya mengenai hasil kunjungan Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Provinsi Jateng di Pemalang. Dalam kesempatan itu Pansus diajak pula melihat ke lokasi.

Menurut Sekda, luasan area yang disiapkan untuk bandara pesawat perintis itu kondisinya kini masih berupa area kosong. Sebagian digunakan penduduk untuk tanaman tebu. Sebagian besar lagi berupa hamparan jalan aspal yang kini digunakan sirkuit dan wisata.

Namun tidak semua luasan area itu rencananya untuk bandara perintis. Karena yang dibutuhkan untuk landasan pacu sekitar 2 hektare. Serta ada lahan untuk bangunan pendukung. Potensi lahan yang siap digunakan itu statusnya kini berupa tanah milik pemkab.

Menyambut Baik Menyikapi kunjungan Pansus RTRW tersebut, Sekda menyambut baik. Namun hal itu hendaknya benarbenar diwujudkan dalam bentuk Perda Tata Ruang Wilayah Provinsi. 

Seandainya benar-benar dibangun di Pemalang maka hal itu sangat tepat. Karena jika dibangun di Kota Tegal atau Kota Pekalongan maka tidak mendukung tujuan pemerataan perkembangan ekonomi daerah. Seperti diberitakan (SM, 16/4) sejumlah anggota Pansus RTRW DPRD Provinsi melakukan kunjungan ke Pemalang untuk melihat program Tata Ruang Wilayah yang ada.

Ketua rombongan Pansus RTRW Sukirman mengatakan, kunjungan pihaknya ke Pemalang terkait rencana program pembangunan Provinsi Jateng dalam jangka panjang, yang meliputi Brebes, Tegal, Slawi dan Pemalang.

Rencana pembangunan bandara dan pelabuhan tersebut meski sudah siap, akan disesuaikan dengan Peraturan Khusus RTRW di Kabupaten Pemalang. Selain itu, akan diadakan pertemuan khusus dengan pihak yang berkepentingan agar tidak terjadi ketimpangan persepsi.[suara merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemkab Pemalang Sediakan 42,5 Hektare Untuk Pembangunan Bandara Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda