Latest News
Tuesday, April 14, 2015

43 Warga Ikut Seleksi Panwaslu Kabupaten


SeputarPemalang.Com - Ada setidaknya 43 warga mengikuti tes tertulis untuk menjadi panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pekalongan serta Pemalang. Mereka mengikuti tes tertulis yang dihelat oleh Bawaslu Propinsi Jateng di ruang Amarta Setda Kota Pekalongan kemarin pagi.

"Ke-43 peserta ini adalah yang lolos seleksi tahap pertama," kata Komisioner Bawaslu Jateng Juhana kemarin. Jumlah pendaftar tahap pertama untuk Kabupaten Pekalongan mencapai 31 orang. Tapi yang lolos hanya 26 orang. 


"Sedangkan untuk Kabupaten Pemalang yang mendaftar sebanyak 19 orang serta yang lolos 18 orang. Namun peserta dari Kabupaten Pekalongan satu tak hadir, jadi yang ikut seleksi hanya 43 dari 44 yang lolos,"ungkapnya. 

Mereka yang tak lolos seleksi tahap pertama karena umur yang tak sesuai. Lainnya itu, ada juga yang KTP-nya tak sesuai dengan wilayah seleksi. "Ada juga yang faktor pendidikannya tak S-1. Sehingga ada beberapa faktor yang menjadikan mereka tak lolos seleksi administrasi Hari kamis kemarin," kata Juhana.

Seleksi tertulis kali ini dilakukan serentak di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Demak, Grobokan, serta Sragen. "Seleksi lima kabupaten ini tambahan, pasalnya adanya revisi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada. Pengumuman lolos tidaknya nanti, Hari Selasa (14/4)," ucapnya.

Nantinya akan diambil 12 peserta yang mempunyai nilai tertinggi. Selepas itu, masih akan diseleksi lagi melalui tes wawancara menjadi enam orang. 


"Dari enam orang yang lolos akan disetorkan ke Bawaslu untuk ikut fitandproper test sehingga disaring lagi menjadi 3 orang," kata Juhana. Para peserta yang sudah lolos di 16 kabupaten serta kota akan dilantik secara bersama-sama.

Pelantikan itu rencananya dilakukan para bulan April. "Sambil menunggu tahapan KPU-nya. Masa kerja mereka nantinya satubulan sebelum mulai pilkada sampai dua bulan selepas pilkada, yaitu hingga sekitar Februari–Maret," ungkapnya. 


Salah seorang peserta seleksi bernama Uzam, 34, mengikuti seleksi Panwaslu Kabupaten Pekalongan itu karena ingin berpartisipasi mengawasi jalannya Pilkada 2015 ini.[koran-sindo]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 43 Warga Ikut Seleksi Panwaslu Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda