Latest News
Monday, April 20, 2015

110.088 Warga Pemalang Cairkan Dana PSKS


SeputarPemalang.Com - Sebanyak 110.088 warga Kabupaten Pemalang yang tersebar di 14 kecamatan mencairkan dana bantuan dari program pemerintah pusat, yaitu Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Sedangkan khusus untuk Kecamatan Pemalang jumlah penerima PSKS, yaitu sekitar 8.537 orang yang tersebar di 20 desa/kelurahan.

Manajer Pelayanan Kantor Pos Pemalang, Sri Supriyati, mengatakan,” Pencairan atau pengambilan dana PSKS dimulai sejak Sabtu (11/4) hingga Jumat (17/4) mendatang.” Pengambilan dana tersebut termasuk dalam tahap kedua, sedangkan untuk tahap pertama telah dicairkan sekitar November 2014 lalu. 

Besaran dana yang diterima oleh masyarakat pada tahap pertama Rp 400 ribu per orang, sedangkan untuk tahap kedua meningkat, yaitu menjadi Rp 600 ribu per orang atau per keluarga. Pencairan tersebut merupakan program tahun 2014 dengan tahapan pencairan di tahun 2015.

Khusus untuk penerima dana PSKS di Kecamatan Pemalang paling banyak jumlahnya di dari Kelurahan Bojongnangka, yaitu mencapai 1.083 orang, selanjutnya Kelurahan Pelutan sekitar 1.044 orang dan Mulyoharjo 736 orang. Sedangkan warga yang paling sedikit menerima bantuan tersebut berasal dari Desa Sungapan, hanya 99 orang.

”Kasus yang banyak ditemui saat pencairan, yaitu hilangnya kartu PSKS, apabila ingin mencairkan dana harus melampirkan surat kehilangan dari desa. Namun secara umum proses pengambilan atau pencairan dana PSKS berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” katanya, kemarin.

Tidak Hangus Dia mengatakan, untuk dana dari PSKS sebenarnya bisa diambil kapan saja setelah tahapan pencairan dimulai, tidak harus pada hari itu juga, sebab tidak hangus karena sifatnya simpanan. Meskipun demikian, masyarakat biasanya langsung mengambil dana tersebut apabila sudah masuk pada tahapan pencairan.

Diperkirakan sekitar 90 persen pemegang kartu PSKS di Pemalang sudah mengambil atau mencairkan dana itu, sedangkan yang belum biasanya masyarakat yang masih merantau.

Para perantau itu biasanya mengambil dana PSKS sewaktu pulang kampung, atau tidak mengikuti jadwal yang sudah ditentukan, dan itu diperbolehkan. Bahkan untuk pencairan tahap pertama hingga sekarang masih dilayani apabila ingin mengambil dana simpanan itu.

”Dalam proses pengambilan dana PSKS kami selalu mendahulukan orang jompo, wanita hamil tua, dan orang sakit. Pengambilan uang mulai dilayani sekitar pukul 08.00 hingga selesai, bahkan apabila jumlah penerimanya banyak bisa selesai hingga pukul 18.00,” tuturnya. [suara merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 110.088 Warga Pemalang Cairkan Dana PSKS Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda