Latest News
Wednesday, March 25, 2015

Sukseskan Pengawasan Pilkada 2015, Bawaslu Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pemalang


SeputarPemalang.Com -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan guna audiensi dalam rangka persiapan pengawasan Pemilihan Bupati dan Wali Kota tahun 2015.

Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Kabupaten Pemalang, audiensi tersebut bertujuan untuk menyelaraskan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah demi terwujudnya kesuksesan pengawasan Pemilihan Bupati tahun 2015 di Kabupaten Pemalang (24/3).

Bawaslu Jawa Tengah yang dipimpin Abhan Misbah, serta anggotanya Juhanah dan Teguh Purnomo dengan didampingi Kepala Sekretariat Kartini Tjandra Lestari dan Kasubbag Administrasi Setyo Pramudi bertemu dengan Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung W,ST.


Untuk mendukung kesuksesan penyelanggaran pengawasan Pemilihan Bupati tahun 2015 di Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Pemalang memberikan dukungan berupa sosialisasi, anggaran, dan sumber daya manusia untuk menunjang kinerja anggota Panitia Pengawas (Panwas) mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan.

Berkaitan dengan proses penjaringan Panwas Kabupaten Pemalang, Juhanah berharap Pemerintah Kabupaten Pemalang dapat memberikan dukungan sosialisasi masif agar mendapatkan anggota Panwas berkualitas dan memiliki integritas tinggi yang akan bertugas melakukan pengawasan di Pemilihan Bupati/Wali Kota 2015.

Kerjasama lain yang dijalin antara Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang salah satunya adalah berkaitan dengan anggaran berdasarkan Permendagri Pasal 112 Undang‑undang Nomor 32 Tahun 2004, bahwa biaya kegiatan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.


Oleh sebab itu, Kabupaten Pemalang yang di tahun 2015 mendatang sesuai revisi undang –undang no 1 tahun 2015 sebagai salah satu Kabupaten yang menyelenggarakan Pemilihan Bupati  maka akan berikan dukungan anggaran untuk kesuksesan pengawasan.

Selanjutnya, dukungan lain yang diberikan untuk memperkuat pengawasan adalah dengan tersedianya struktur kesekretariatan yang beranggotakan Pegawai Negeri Sipil Pemkab Pemalang.


Struktur kesekretariatan yang dibentuk guna memberikan Supporting System anggota Panwas mulai dari tingkat Kabupaten hingga panwas di tingkat kecamatan.

“Terkait dengan kesiapan personil, mulai dari tingkat Kabupaten hingga kecamatan kami mohon difasilitasi dengan PNS sekurang-kurangnya berjumlah 6 orang untuk panwas Kabupaten dan 4 orang untuk Kecamatan”, tutur Juhanah.

Senada dengan Juhanah, Kartini Tjandra Lestari menambahkan “untuk memenuhi kebutuhan SDM kesekretariatan panwas ada kriteria khusus, pendidikan minimal S1 untuk Panwas Kabupaten dan pendidikan minimal D3 untuk Panwas Kecamatan”

Siap Fasilitasi

Untuk menunjang keberhasilan pengawasan Pemilihan Bupati 2015 di Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Pemalang berkomitmen memberikan dukungan sosialisasi, anggaran, dan SDM/personil Kesekretariatan.

Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung W, ST mengutarakan kesiapannya, “berkaitan dengan sosialisasi penjaringan Panwas Kabupaten Pemalang, akan membantu menginformasikan pengumuman melalui stasiun radio yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang.”

Selanjutnya, Mukti mengutarakan, untuk kesiapan anggaran, sudah disiapkan anggaran sebesar 2 Milyar, tetapi akan direvisi lagi terkait bertambahnya kebutuhan personil hingga ke tingkat Pengawas TPS.

“Untuk memfasilitasi, telah disiapkan gedung sekretariat untuk Panwas Kabupaten serta personil PNS yang berasal dari BKD Kabupaten Pemalang”, imbuh Mukti.[bawasli-jateng]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sukseskan Pengawasan Pilkada 2015, Bawaslu Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pemalang Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda