Latest News
Monday, March 23, 2015

Perangi Aksi Begal, Polres Pemalang Gandeng Klub Motor


SeputarPemalang.Com -  Dengan maraknya aksi begal sepeda motor di berbagai daerah saat ini turut menjadi perhatian aparat Polres Pemalang. KIni upaya menggandeng anggota komunitas dan klub motor pun dilakukan untuk mencegah dan memerangi kejahatan jalanan itu.

Kasatlantas Polres Pemalang AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakan, aksi begal yang marak terjadi di beberapa daerah saat ini sangat meresahkan masyarakat. 

"Di wilayah Pemalang titik daerah yang rawan  kejahatan jalanan itu di sepanjang pantura Petarukan hingga Comal," papar Arfan di sela-sela Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas dan Perangi Begal di Sirkuit Pantai Widuri, Pemalang, Sebagaimana dilansir Sindonews Sabtu (21/3/2015).

Bagi Alfan, guna mencegah terjadinya aksi begal sepeda motor, kini pihaknya menggelar patroli rutin di titik-titik yang rawan kejahatan. Upaya pencegahan juga dilakukan dengan menggelar razia kendaraan di beberapa titik. 

"Maraknya kasus ini di sejumlah daerah turut menjadi perhatian kami agar tidak sampai terjadi di wilayah Pemalang," imbuhnya.

Arfan juga mengimbau masyarakat untuk sebisa mungkin menghindari jalanan yang sepi saat berkendara dan segera menghubungi aparat kepolisian bila melihat atau mengetahui keberadaan orang yang bergelagat mencurigakan.  

“Bila saat berkendara masyarakat merasa mendapat ancaman, langsung saja memberikan isyarat membunyikan klakson keras-keras atau mengontak Polsek terdekat,” tambahnya.

Terkait kegiatan deklarasi perangi begal, Arfan mengatakan hal itu juga menjadi salah satu upaya pencegahan yang dilakukan polisi dengan cara menggandeng komunitas motor di wilayah pantura, khususnya di Pemalang. 

"Kami mencoba langkah-langkah yang lebih edukatif yakni mengumpulkan seluruh komunitas klub untuk memberikan pemahaman akan pencegahan," jelasnya.

Langkah tersebut diharapkan bisa mempersempit ruang gerak para pelaku tindakan kejahatan jalanan. 

Selain itu, ratusan anggota komunitas motor yang hadir dalam acara deklarasi juga diharapkan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di masyarakat.

"Harapan kami seluruh komunitas motor di sini untuk ikut berperan mencegah kejahatan begal. Sehingga masyarakat dapat aman dan tenang beraktivitas," tandasnya.

Ketua Komunitas Motor Rispec Pemalang Iqbal mengapresiasi langkah Satlantas Polres Pemalang dalam upaya mencegah tindak kejahatan begal yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat. 

"Ini menjadi langkah yang positif bagi kami anggota klub motor," kata Iqbal, Sabtu (21/3/2015).

Menurut dia, aksi kejahatan begal dan kejahatan di jalan lain tidak terkait dengan komunitas motor. Karena itu sudah semestinya harus diperangi bersama-sama dengan tetap mengacu pada aturan hukum yang berlaku. 

"Ini agar rasa aman masyarakat terjamin. Kami siap mendukung upaya-upaya yang dilakukan aparat kepolisian," tandasnya.[sindo]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Perangi Aksi Begal, Polres Pemalang Gandeng Klub Motor Rating: 5 Reviewed By: asri yatno