Latest News
Tuesday, March 3, 2015

Komisi A dan KPU Bahas Pemilukada Pemalang


SeputarPemalang.Com -  Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Pemalang di gedung dewan, Senin (23/2) kemarin, menggelar rapat bersama membahas persiapan Pemilukada. Rapat ini mengundang Ketua KPUD berserta Sekretaris dan pihak terkait lainnya diantaranya  Asisiten I dan  Kabag Tata Pemerintahan setempat.

Ketua Komisi A DPRD Pemalang Wasisto mengatakan, pihaknya baru saja menggelar rapat bersama untuk membahas persiapan Pemilukada. Dalam rapat tersebut untuk mengetahui sejauh mana kesiapan KPUD dalam menghadapi Pemilukada yang akan dilaksanakan secara serentak di tahun 2015. Mengingat tahapan pelaksanaan Pemilukada itu waktunya sangat mepet, diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2015.

“Berdasarkan keterangan dari KPU sendiri untuk tanggalnya masih belum jelas, meskipun ada informasi yaitu Pemilukada tanggal 16 Desember namun juga semua belum jelas,” katanya.

Selain itu, KPUD juga belum bisa menyajikan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan. Alasannya  masih menunggu aturan KPU. Karena Pemilukada nanti akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal dan bulan yang sama.

Terkait dengan masalah penganggaran, menurut Wasisto, oleh Pemkab sudah menyiapkannya  melalui saving anggaran tiap tahunnya ada yang Rp2,5 miliar dan ada juga yang Rp3 miliar.

Sehingga saving total anggarannya ada Rp12 miliar. Sehingga masalah anggaran Pemilukada di Kabupaten Pemalang tidak menjadi masalah. Meskipun demikian KPUD sendiri belum bisa merencanakan besarnya anggaran yang akan dibutuhkan untuk biaya Pemilukada.

“Pada prinsipnya Pemilukada akan dilaksanakan kapan saja, KPUD itu siap. Hanya saja masih menunggu aturan itu turun,”ujarnya.

Pihaknya juga akan menggelar rapat bersama Disdukcapil setelah aturan itu turun, yaitu untuk membahas penyajian data pemilih.

Sementara Ketua KPUD Abdul Hakim menjelaskan, pelaksanaan pemilukada di Kabupten Pemalang masih menunggu peraturan dari KPU yaitu mengenai teknis-teknis pelaksanaannya.

“Pemilukada Pemalang ini masih menunggu terbitnya peraturan dari KPU,” jelasnya.

Disinggung soal kesiapan anggaran untuk Pemilukada pihaknya belum bisa menjelaskan karena dalam rapat belum membahasan masalah anggaran. [radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Komisi A dan KPU Bahas Pemilukada Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno