Latest News
Tuesday, March 3, 2015

Di Pemalang Harga Beras Tembus Rp 12.300/Kg


SeputarPemalang.Com -  Harga beras di pasar untuk kualitas bagus, yakni IR64, Kamis (26/2) kemarin mencapai Rp 12.300/kilogram. Ketua Komisi C DPRD Pemalang Ujiyanto MR mengatakan, harga tersebut naik Rp 1.000 dari harga sehari sebelumnya, pada Rabu (25/2).

”Kami berkunjung ke sejumlah pasar tradisional, Rabu (25/2) dan menjumpai harga beras sudah di atas Rp 11.000/kilogram untuk IR64,” kata Ujiyanto. 

Kemudian ketika dia berangkat ke kantor, menyempatkan diri menemui pedagang beras di Pasar Pagi Pemalang dan mendapati harga beras sudah berubah semakin tinggi. Karena itu dia mencari solusi agar harga beras tidak semakin melambung karena memberatkan masyarakat.

”Kami meninjau Gudang Bulog Babadan dan mendapatkan informasi yang membuat kami cukup nyaman,” kata Ujiyanto.

Di Gudang Bulog Babadan, lanjut dia, stok beras untuk raskin masih berlimpah dan cukup sampai Juni mendatang. Karena itu dia hanya meminta raskin segera didistribusikan agar harga beras turun. Saat peninjauan itu Ujiyanto ditemui Kepala Gudang, Gatot Endro Waluyo dan menyampaikan aspirasi untuk diteruskan ke pimpinan Bulog agar standar raskin ditingkatkan.

Standar raskin yang saat ini adalah SNI4 (paling rendah), namun demikian beras tersebut masih layak konsumsi. ”Standar raskin masih rendah, tapi saya yakin masih layak konsumsi karena saya juga mengonsumsi beras dengan standar yang sama dengan standar raskin,” bebernya.

Belum Panen Sementara itu, untuk menurunkan harga beras ini selain meminta Bulog secepatnya menyalurkan raskin, dia juga meminta pengusaha penggilingan beras membeli gabah ke luar Pemalang. Ini dilakukan lantaran sawah di Pemalang belum panen.

Masyarakat penerima raskin diminta untuk mengonsumsi beras tersebut, bukan untuk dijual kembali. Sebab penjualan raskin dari masyarakat ke tengkulak tidak membuat harga beras di pasar semakin turun, tetapi sebaliknya semakin naik karena raskin bisa diolah kembali untuk ditingkatkan mutunya.

Kepala Gudang Bulog Babadan, Gatot Endro Waluyo mengatakan, untuk membantu menurunkan harga beras Gudang Bulog mempercepat penyaluran raskin. ”Raskin bulan Februari dan Maret akan kami salurkan secepatnya mulai Senin (2/3),” kata dia. Sedangkan stok beras di gudang saat ini mencapai 6.000 ton dan cukup sampai Juni mendatang. [suara merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Di Pemalang Harga Beras Tembus Rp 12.300/Kg Rating: 5 Reviewed By: asri yatno