Latest News
Monday, March 23, 2015

Antisipasi ISIS, Pihak Imigrasi Pemalang Perketat Penerbitan Paspor


SeputarPemalang.Com - Kantor Imigrasi kelas II Pemalang, Jawa Tengah memperketat izin penerbitan paspor bagi warga negara yang akan ke luar negeri khususnya ke negara Timur Tengah.

Ini terkait kekhawatiran penyebaran paham Islam State (ISIS) dan hilangnya 16 warga negara Indonesia (WNI) di Turki beberapa waktu lalu.

Dimana pembuatan paspor bagi WNI yang akan berangkat umroh ke Mekkah pun akan diperketat. Pihak imigrasi kelas II Pemalang mewajibkan warga yang hendak umroh melampirkan surat keterangan dari agen travel yang memberangkatkan.

“Petugas kini lebih mendetail dalam memeriksa data serta alasan permohonan penerbitan paspor kepada calon pembuat paspor agar nantinya tidak disalahgunakan seperti yang terjadi di Lamongan, Jawa Timur"

"Bahkan untuk pembuatan paspor umroh, petugas Imigrasi kini mewajibkan surat keterangan dari travel agen yang memberangkatkan," kata Rozanah (46), warga Tegal, Jawa Tengah, calon jemaah umroh saat ditemui di kantor Imigrasi kelas II Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (21/3/2015).

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian II Pemalang, Haryono mengatakan pengetatan penerbitan paspor ini juga dilakukan saat sesi wawancara dan pengambilan foto calon pemilik paspor. Petugas tak segan untuk membatalkan penerbitan paspor jika ada hal yang mencurigakan.

"Apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan, pihak imigrasi langsung akan membatalkan pengajuan paspor serta melakukan pemeriksaan lebih mendalam pada pemohon dengan melibatkan anggota kepolisian guna mengungkap adanya indikasi keterlibatan pemohon terhadap jaringan organisasi terlarang seperti ISIS," kata Haryono.

Selain memperketat penerbitan paspor, Imigrasi kelas II Pemalang juga akan memperketat pengawasan warga negara asing (WNA). Hal ini buat antisipasi masuknya anggota kelompok militan ISIS ke Indonesia. [metrotv]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Antisipasi ISIS, Pihak Imigrasi Pemalang Perketat Penerbitan Paspor Rating: 5 Reviewed By: asri yatno