Latest News
Tuesday, March 31, 2015

Air Sungai Naik 10 Meter, Jembatan Comal Terancam


SeputarPemalang.Com - Air Sungai Comal, Pemalang, pada saat banjir bisa naik sampai 10 meter hingga mencapai lantai jembatan. Hal itu dituturkan beberapa penduduk yang berada dekat Jembatan Comal ketika ditanya mengenai ancaman arus Sungai Comal yang kini telah meruntuhkan tanggul timur sepanjang sekitar 100 meter.

Dikatakan Sariasih, penduduk dekat Jembatan Comal, pada saat kemarau Sungai Comal memang tidak terlihat mengancam karena air surut. Namun pada saat banjir bisa meluap setinggi 10 meter.

’’Belum lama ini air sampai meluap ke rumah penduduk dan menggugurkan tangggul pinggiran sungai,’’ kata Sariasih, kemarin.


Hal senada diungkapkan Hasan warga Dukuh Serdadi, Kelurahan Purwoharjo, Comal. Dampak dari arus Sungai Comal yang deras itu kini sudah mengancam pula jalan desa di sebelah utara Jembatan Comal. Jalan sudah ambles beberapa meter dan hamparan kebun milik penduduk juga mengalami hal serupa.
 

Menurut penduduk, kejadian longsornya tanggul Sungai Comal sebelah timur itu sudah diketahui oleh dinas instansi terkait. Bahkan sudah dilakukan pengecekan ke lokasi. Namun hingga kini belum ada penanganan untuk menahan agar tidak terjadi gugurnya tanggul.
 

Keinginan penduduk agar dibuatkan kawat beronjong untuk penahan erosi, sehingga tanah yang gugur tidak sampai ke lokasi rumah-rumah penduduk dekat sungai. Untuk saat ini sudah ada dua rumah yang terancam runtuh milik Miskiyah dan Jumaelah.
 

Arus Sungai
’’Kemungkinan pembuatan bronjong kawat akan dilakukan menunggu arus sungai tidak deras. Saat ini arus sungai masih deras karena masih turun hujan di bagian hulu,’’ kata Hasan.
 

Diceritakan oleh Aliyah (53), Jembatan Comal sudah pernah putus pada 1989. Saat itu tidak sempat ada perbaikan sebelumnya. Namun untungnya tidak jatuh korban. Sedangkan pada akhir 2014 lalu juga mengalami ambles bagian opritnya di sebelah barat.
 

Untuk kejadian terakhir itu ditandai dengan amblesnya aspal yang ditambal beberapa kali, tetapi tetap ambles. Dia mengkhawatirkan kejadian ambrolnya tanggul di sebelah timur bisa berakibat fatal pada Jembatan Comal jika tidak cepat diatasi. Karena kini arus sungai yang deras mengarah ke timur dan terjadi pengikisan pinggiran sungai secara bertahap.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Binamarga Wilayah Tegal-Pemalang-Pekalongan Ya’fur Sulaeman mengatakan, tanggul yang longsor bukan di bawah jembatan, tapi di bagian hilir jembatan sebelah utara.

Untuk perbaikannya dengan pembuatan kawat bronjong akan dilakukan setelah arus tidak deras lagi. Berdasarkan pantauan di lokasi terlihat arus sungai kini mengarah ke timur karena terbentur bangunan kawat bronjong penahan fondasi jembatan di sisi barat.[suara merdeka]



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Air Sungai Naik 10 Meter, Jembatan Comal Terancam Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda