Latest News
Monday, March 30, 2015

13 Raperda Pemalang Timbulkan Pertanyaan


SeputarPemalang.Com - Anggota DPRD Kabupaten Pemalang di gedung dewan, Hari Senin (23/3) kemarin, mengikuti rapat paripurna tentang penyampaian pandangan umum fraksi terhadap 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2015. 

Dimana rapat dimpimpi oleh Wakil Ketua DPRD Sarkawi didampingi dua Wakil DPRD lainnya yakni HM Rois Faisal serta H Mukhtarudin. Hadir di acara itu, Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mewakili Bupati Pemalang H Junaedi serta jajaran Pembkab Pemalang.
Dalam rapat paripurna agenda penyampaian pandangan umum fraksi ini, selepas pimpinan sidang membuka jalannya acara rapat sejumlah fraksi diberi peluang untuk menyampaikan pandangan umum. 


Berbagai pendapatan serta sorotan yang disampaikan fraksi terhadap 13 Raperda cukup beragaman. Diantaranya sebagaimana yang disampaikan oleh Fraksi PKS serta Fraksi PKB.
Pandangan umum Fraksi PKS yang disampaikan oleh Daliwan selaku juru bicaranya yakni mengajukan sebanyak 25 pertanyaan kepada eksekutif. Diantaranya menanyakan upaya Pemda agar zonasi pola tata ruang bisa serasi serta selaras.  


Lainnya itu, upaya Pemda dalam mewujudkan struktur ruang serta pola ruang serta perwujudan kawasan strategis agar bisa tercapai. Disamping itu, juga tentang upaya Pemda dalam mengatur PKL untuk terwujudnya tata ruang yang ideal serta sejumlah pertanyaan lain yang berkaitan dengang Raperda tentang desa.
Sedangkan pandangan umum Fraksi PKB yang disampaikan Sutiah sebagai juru bicaranya, dalam Raperda tentang penetapan desa Fraksi PKB mendukung terhadap Reperda ini, sebagai landasan yuridis bagi Pemda. Yakni dalam melakukan pembinaan serta pengawasan terhadap desa, sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.
Sementara untuk Raperda tentang pedoman penyusunan peraturan desa, Fraksi PKB mempertanyakan tentang Raperda ini utamanya kesiapan sumber daya manusia serta lain-lain dalam pembentukan serta mekanisme penyusunan peraturan desa. Sehingga tak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Sutiah juga menanyakan sejauhmana Pemda dalam melakukan sosialisasi pendampingan tentang implementasi Perda- Perda yang menyangkut hajat hidup masyarakat di pedesaan. Serta Raperda tentang pedoman penyusunan organisasi, tata kerja pemerintah desa, Fraksi PKB juga sangat medukung Reperda ini, sebagai pendoman dalam mengelola serta tata kerja pemerintah desa.[radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 13 Raperda Pemalang Timbulkan Pertanyaan Rating: 5 Reviewed By: Dhani Habib AlHuda