Latest News
Wednesday, February 18, 2015

Tegakan Displin, Dandim Pemalang Cek Kendaraan Prajurit


SeputarPemalang.Com -  Bertempat di halaman Makodim 0711 Pemalang, Selasa (17/2) kemarin sejumlah kendaran dinas dan  pribadi milik personil TNI AD diperiksa kelengkapannya. Kegiatan cek kendaraan tersebut dilakukan oleh Komandan Kodim 0711 Pemalang Letkol Arm M Lufti bersama perwira staf dijajarannya.

Dandim 0711 Pemalang Letkol Arm M Lufti mengatakan pemeriksaan atau pengecekan kendaraan para anggota TNI AD ini bertujuan untuk penegakan kedisplinan anggota  dalam berlalu lintas. 

Yaitu memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan baik itu milik pribadi maupun dinas, seperti kelengkapan SIM dan kondisi kendaraannya. Seperti ban yang sudah mulai gundul, maka untuk diingatkan agar segera diganti.

“Termasuk kebersihan kendaraan dan sejauhmana personil dalam memelihara kendaraan itu, khususnya kendaraan milik dinas,”katanya.

Menurutnya, jika ditemukan ada anggota yang kendaraannya tidak lengkap maka pertama maka harus memberikan alasan kenapa tidak lengkap.

Jika hanya lupa, maka untuk diberi hukuman tindakan disiplin dan jika kelengkapan itu masanya sudah habis maka untuk diberi fasilitas dan oleh inteljen mengarahkan untuk pembuatannnya, sehingga nanti akan lengkap.

Adapun untuk pemeliharaannya, dari komando atas telah memberikan dana anggaran pemeliharaan untuk kendaraan dinas sedangkan kendaran pribadi tidak.

Dandim menjelaskan jumlah kendaraan dinas yang ada di Kodim 0711 Pemalang totalnya ada kurang lebih 120 unit  dan untuk 50 unit kendaraan baru sedang sisanya kendaraan lama.

Dalam pemeriksanaan kendaraan ini, difokuskan pada kendaraan sepeda motor yang sering digunakan oleh personil dalam menjalankan tugas di lapangan, utamanya para Babinsa dan yang lainnya adalah staf di Makodim.

Terkait dengan tugas prajurit, saat ini ada tiga tugas yang harus bisa dilaksanakan, pertama mengenai ketahan pangan dalam upaya  mencapai swasembada pangan.

Yaitu para Banbinsa akan diberikan tugas sebagai pendamping kelompok tani. Selain itu dalam rangka menegakan voksiwar yaitu perang yang digunakan oleh suatu pihak dengan mengunakan pihak lain.

Contohnya bagaimana mereka mengedarkan dan menyalahgunakan narkoba serta penghasutan dan provokasi. Sehingga pembangunan tidak berjalan dengan lancar.

Sedangkan tugas lainnya,  adalah serbuan teritorial dimana prajurit TNI AD melaksanakan kegiatan dengan segala kemanpuannya untuk mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya.

Kodim 0711 Pemalang ini, dalam melaksanakan pemeriksanaan kendaraan, dilakukannya secara berkala. Hanya saja waktunya mendadak. Sehingga harapannya, agar personil itu benar-benar tahu dan mematuhi disiplin dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.[radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tegakan Displin, Dandim Pemalang Cek Kendaraan Prajurit Rating: 5 Reviewed By: asri yatno