Latest News
Friday, February 13, 2015

Tahun 2015, Perbaikan Jalan Rp2,1 T


Seputar Pemalang -  Untuk menyukseskan gerakan jalan tanpa berlubang di Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk mendukung program gerakan tersebut.

Dukungan terhadap gerakan itu, menurutnya sudah ada beberapa daerah yang telah menyatakan siap. Diantaranya dari Kota  Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan termasuk Pemalang oleh gubernur juga diminta untuk mendukungnya.

“Saya minta dukungan daerah untuk melaksanakan gerakan jalan tanpa berlubang di Jawa Tengah,”ungkap Gubernur Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Pemalang,Rabu sore (11/2) kemarin.

Ganjar mengatakan, dalam upaya perbaikan jalan, yaitu untuk pemeliharaan berupa penambalan lubang jalan akan dilakukannya secara swakelola. Dan gubernur siap untuk membantunya.

Menurut Ganjar anggaran untuk perbaikan jalan di Jawa Tengah pada tahun 2015  ini kurang lebih mencapai Rp2,1 triliun. Besarnya anggaran tersebut ada  kenaikan 104 persen lebih.

Meskipun demikian anggaran tersebut bisa terus meningkat jika jajaranya yang ada  di pemerintah propinsi bisa mencarikan dana pendapatannya diperkirakan bisa terus meningkat dengan kenaikan bisa mencapai Rp2 triliun.

Bagi daerah-daerah yang mempunyai anggaran terbatas, maka dari pada memperbaiki jalan dengan anggaran hanya Rp200 juta, menurut dia, akan lebih baik untuk membangun jalan dengan anggaran Rp 5 milyar tapi hasil cukup baik dengan hasil yang maksimal dan  usianya cukup lama hingga mencapai 10 tahun.

Gerakan jalan tanpa berlubang untuk menyelesaikan program itu, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama kurang lebih 6 bulan bisa selesai. Sehingga bulan September bisa selesai dan pada bulan November hasilnya sudah bisa dilihat untuk rata-rata diperkirakan sudah mencapai 100 persen.

Dia menjelaskan, anggaran untuk alokasi perbaikan jalan dan jembatan di tahun 2015 yang mencapai Rp2,1 triliun jauh lebih besar dibanding anggaran tahun 2014 yang besarnya hanya mencapai Rp900 miliar.

Sedang pada saat perubahan anggaran ada kenaikan kurang lebih sebesar Rp200 miliar. Sehingga total anggaran tahun 2015 untuk perbaikan jalan dan jembatan ada sebesar Rp1,1 triliun. Sehingga untuk percepatan pembangunan jalan tahun 2015 dinaikan sebesar Rp1 triliun sehingga menjadi Rp2,1 triliun.

Siap Sukses Program Gubernur
Program gerakan jalan tanpa berlubang yang akan diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah, rupanya mendapat respon positif dari pemerintah daerah kabupaten dan kota. Termasuk  Pemerintah Kabupaten Pemalang juga telah menyatakan siap untuk mendukung dan menyukseskannya.

Kesiapan itu, disampaikan Bupati Pemalang H Junaedi di hadapan gubernur saat melakukan kunjungan kerjanya, mengecek kerusakan jalan di Jalan Lingkaran Selatan. Menurut bupati, Pemkab Pemalang telah menindaklanjuti perintah gubernur saat mengikuti rakor bersama gubernur. Bahkan hasil rakor tersebut telah dibreackdown ke DPU untuk menganggarkan di masing -masing Unit Pengelola Umum (UPU) di tiap-tiap kecamatan.

Sehingga jalan-jalan yang berlubang langsung untuk segera ditangani. Dalam UPU di kecamatan kurang lebihnya ada 20 orang tenaga untuk menjalankan tugas pengawasan jalan.

Untuk jalan Kabupaten Pemalang dengan panjang kurang lebih 651 km  dan jumlah UPU ada 6 unit maka untuk satu UPU  mengawasi jalan sepanjang 100 km dengan jumlah pengamat jalan 5 orang, sehingga jalan sepanjang 20 km untuk satu orang.

Terkait hal itu, bupati telah menganggarkan untuk masing- masing UPU sebesar 100 juta dengan alat yang telah tersedia, sehingga secara teknis bisa dilakukan pengawasan dan pemeliharaan jalan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendengar kesiapan Bupati Pemalang dalam mendukung program gerakan jalan tanpa berlubang akan mengoptimalisasikan tugas Badan Pengawas Teknik (BPT) di lapangan yang se Jawa Tengah jumlahnya ada 9 BPT. 

Dengan panjang jalan di Jawa Tengah kurang lebih ada 2.550 km. Maka setelah dirasionalkan dengan jumlah tenaga yang untuk bisa melaksanakan pengawasan jalan dengan baik.

Terkait perbaikan jalan, gubernur nantinya juga akan melakukan cek lapangan untuk melihat pelaksanaan program tersebut. Bahkan sebelum tanggal 10 Maret se Jawa Tengah secara serentak untuk mengibarkan bendera untuk melaksanakan gerakan jalan tanpa berlubang.[radarpekalongan]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tahun 2015, Perbaikan Jalan Rp2,1 T Rating: 5 Reviewed By: asri yatno