Latest News
Saturday, February 14, 2015

Status Gunung Slamet, Masih Waspada


Seputar Pemalang - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan,masih berstatus Waspada.Karena masih Level II karena 'early warning'. "Dari Level I, II, III, dan IV itu dasarnya adalah ancaman," ujar Kepala PVMBG Muhammad Hendrasto.

Menurut Hendrasto, selama ini, ancamannya sampai 2 kilometer, tidak lebih dari 2 kilometer. Jadi, status Gunung Slamet tetap 'Waspada'. Namun demikian, jika seismik Gunung Slamet bertambah dan ancamannya diprediksi bakal meluas, status akan meningkatkan lagi.

"Sampai sekarang belum. Jadi, kita melihat jumlah gempanya, masih di Level II (Waspada)," tegas Hendrasto kepada wartawan usai peresmian Menara Peringatan Dini Kawah Timbang oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma'arif di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Mengenai kemungkinan adanya lontaran api dari Gunung Slamet yang terpantau oleh PVMBG, Hendrasto mengatakan bahwa secara visual pihaknya belum melihat kondisi tersebut.

Akan tetapi jika ada suara-suara embusan dari Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes, hal itu kemungkinan bisa terdengar. Karena hingga sekarang gunung Slamet belum normal.[krjogja]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Status Gunung Slamet, Masih Waspada Rating: 5 Reviewed By: asri yatno