Latest News
Wednesday, February 18, 2015

Ratusan Warga Demo Proyek Tol Pejagan - Pemalang


SeputarPemalang.Com - Ratusan warga Desa Wangandalem, Kecamatan/ Kabupaten Brebes menggelar aksi demontrasi di lokasi pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang, di desanya, Selasa (17/2). Mereka berunjuk rasa sebagai bentuk protes karena akses jalan warga ditutup akibat pembangunan proyek jalan tol trans jawa tersebut.

Selain membawa poster dengan berbagai tulisan, warga juga menggelar orasi di lokasi pembangunan jalan tol di desanya tersebut. Mereka menuntut agar pelaksanakan proyek tol tetap membuka akses jalan itu, dengan membangun jalan inpeksi bagi aktifitas warga.

Usai berorasi di lokasi pembangunan jalan tol, warga yang berunjukrasa itu kemudian mendatangi Balai Desa Wangandalem. Di tempat itu, mereka beraudiensi dengan perwakilan PT Waskita selaku pelaksana pembangunan tol Pejagan-Pemalang.

“Tuntutan warga hanya satu, akses jalan yang semula ada sebelum jalan tol dibangun, tetap harus ada,” tandas Dirjo (38), salah seorang warga yang berunjuk rasa.

Dia mengatakan, akses jalan itu bagi warga Desa Wangandalem fungsinya sangat vital. Selain menuju tempat pemakaman umum desa, jalan itu juga menuju sekolah dan lahan pertanian warga. Jika jalan ditutup, warga yang akan menuju makan maupun lahan pertanian harus menempuh jalan memutar. Begitu juga, bagi anak-anak sekolah yang mau berangkat juga harus memutar.

“Jalan memutar ini melalui jalan raya, bagi anak-anak kami jelas berbahaya kalau berangkat sekolah,” keluhnya.

Hal senada dikatakan Makmuri (40), warga lainnya. Menurut dia, jalan akses itu sangat penting bagi roda perekonomian warga desa. Mengingat, segala aktivitas yang menyangkut pertanian melalui jalan tersebut, termasuk juga digunakan anak-anak untuk berangkat sekolah. 

Karena itu, pihaknya mendesak agar akses jalan tetap dibuka. Sementara ini, akibat adanya pembangunan jalan tol akses tertutup dan warga harus memutar jalan.

“Dari hasil audiensi kami di balai desa, pihak Waskita menjanjikan akan tetap membuka jalan itu. Kami juga meminta pihak desa agar membuat surat resmi kepada Bupati terkait tuntutan ini,” ungkapnya.

Staf Humas PT Waskita Pejagan-Pemalang Tol Road Seksi II, Andi Dito mengatakan, pihaknya menampung permintaan warga tersebut, yang selanjutnya akan dilaporkan ke atasannya. Pihaknya juga berharap ada surat resmi terkait permohonan akses jalan tersebut.

“Ya kami tampung masukan ini, selanjutnya akan kami laporkan,” ujarnya usai pertemuan dengan warga.[suaramerdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Warga Demo Proyek Tol Pejagan - Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno