Latest News
Thursday, February 19, 2015

Pilkada Serentak, Jabatan 5 Kepala Daerah di Jateng Dikurangi Termasuk Pemalang


SeputarPemalang.Com -  Pilkada seretak akan digelar Desember 2015 mendatang.  Masa jabatan lima kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah akan dikurangi terkait dengan penetapan Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1/2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Pilkada seretak akan digelar Desember 2015 mendatang.  Masa jabatan lima kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah akan dikurangi terkait dengan penetapan Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1/2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

“Lima kepala daerah yang masa jabatannya berakhir sebelum Juni 2016 akan diikutkan dalam pemilihan kepala daerah secara serentak pada Desember 2015,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Rabu (18/2/2015) sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara.

Menurut dia, lima kepala daerah yang masa jabatannya akan dikurangi itu adalah Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.

Terkait dengan hal tersebut, Joko mengungkapkan bahwa dari 16 kabupaten/kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada secara serentak pada akhir 2015 akan bertambah lima menjadi 21 daerah.

“Untuk pelaksanaan teknis di lapangan kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU RI dan sejauh ini KPU Jateng bersama KPU kabupaten/kota telah menyiapkan sejumlah regulasi serta petunjuk pelaksanaan serta petunjuk teknis,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, KPU Jateng juga akan segera melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten/kota yang akan mengelar pilkada di Jateng guna menindaklanjuti beberapa putusan sekaligus menjabarkan kebijakan KPU.

“Anggaran pilkada di Jateng akan bertambah dari alokasi sebesar Rp325 miliar untuk 16 pilkada menjadi Rp400 miliar untuk total 21 pilkada pada akhir 2015,” katanya.

Ke-21 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora.

Kemudian, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.[solopos]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pilkada Serentak, Jabatan 5 Kepala Daerah di Jateng Dikurangi Termasuk Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno