Latest News
Saturday, February 14, 2015

PDM Pekalongan Larang Valentine’s Day


Seputar Pemalang - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan melarang keras perayaan Valentine’s day yang jatuh setiap 14 Februari, khususnya bagi para remaja. Pasalnya, dalam perayaan yang sering disebut dengan hari kasih sayang ini, para remaja rawan melakukan seks di luar nikah dengan lawan jenisnya.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, Drs Rissa Sumarstyanto MPd menegaskan, bahwa perayaan Valentine bukanlah budaya Islam, juga bukan pula budaya Indonesia. Ia mengimbau agar remaja muslim tidak mengikuti budaya valentine di Indonesia.

“Di dalam Islam, namanya kasih sayang itu setiap waktu, baik kasih sayang kepada orangtua, adik, kakak dan lain sebagainya,” terang Rissa, Jumat (13/2).

Ia mengaku prihatin dengan fenomena banyaknya remaja yang menghabiskan malam valentine dengan bebas bersama lawan jenisnya. Perayaan valentine seakan menjadi sebuah ritual bagi pasangan muda di luar nikah. “Sekarang ini, budaya barat sangat luar biasa mempengaruhi pergaulan remaja kita. Ini sangat memprihatinkan,” kata dia.

Dengan bebasnya remaja berkumpul di malam valentine, membuat mereka rawan melakukan kegiatan yang bernuansa zina. Jika ini terus dibiarkan, akhlak generasi muda akan hancur. 

“Yang dikhawatirkan sekarang kan, maraknya remaja melakukan seks di luar nikah, khususnya di mommen2 seperti ini (valentine’s day). Terkait hal ini, orang tua harus paham, bahwa pergaulan anaknya harus benar-benar diperhatikan,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau, agar para orang tua dapat membentengi anak-anaknya supaya tidak turut terjerumus dalam pergaulan bebas yang semakin meresahkan. Orang tua harus mulai menanamkan pola asuh yang baik dengan dilandasi moral dan budipekerti.

 “Sekarang, kalau orang tua mendidik anaknya dengan model perintah-perintah saja nggak mempan. Orang tua harus mencontohkan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga sudah menyampaikan ke sekolah-sekolah di Kota Santri agar dapat memberikan pemahaman terkait apa itu Hari Valentine. Untuk mengantisipasi maraknya perayaan valentine bagi remaja, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan islami.

Kegiatan-kegiatan ini muarannya untuk mendorong agar para remaja tidak ikut terlibat dalam perayaan budaya asing yang dapat menggerus nilai-nilai luhur bangsa ini.[radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: PDM Pekalongan Larang Valentine’s Day Rating: 5 Reviewed By: asri yatno