Latest News
Monday, January 26, 2015

Warga Minta Pembebasan Lahan Tol Pemalang-Batang-Semarang-Solo Direalisasikan


Seputar Pemalang - Pemerintah pusat diminta untuk benar-benar merealisasikan proses pembebasan lahan tol tahun ini. Pasalnya, warga yang lahannya akan terkena jalan tol telah menunggu proses itu bertahun-tahun.

”Jangan lagi ditunda. Kami berharap pembebasan lahan tol benar-benar dilakukan oleh pemerintah pusat. Kasihan masyarakat yang sudah menunggu lama,” ujar Wakil Bupati Soetadi, Jumat (23/1).

Dia mengatakan, selama ini proses pembebasan lahan tol, baik ruas Batang-Pemalang maupun Batang-Semarang tidak memiliki kepastian. Bahkan prosesnya sudah sekitar delapan tahun. Jika ini dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kesulitan pada warga yang terkena tol.

Pasalnya, mereka tidak diperbolehkan melakukan mutasi hak atas tanah yang mereka miliki. Tanah-tanah mereka sekarang ini tidak bisa diperjualbelikan kepada orang lain.

”Karena itu, jika pemerintah pusat tahun ini akan berusaha menyelesaikan pembebasan tanah, kami mohon benar-benar diwujudkan. Jangan seperti tahun-tahun sebelumnya, pembebasan lahan tidak juga direalisasikan,” katanya.

Jadi Prioritas

Ruas tol Batang-Semarang itu melewati delapan desa di dua kecamatan, yakni Warungasem dan Batang. Sementara itu, ruas tol Batang-Semarang melewati 22 desa/kelurahan di enam kecamatan, yakni Batang, Kandeman, Tulis, Subah, Banyuputih, Gringsing. Dari puluhan desa yang ada, jumlah lahan yang terbebaskan baru 2%.

Kasubag Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Setda Batang Fahrurozi mengatakan, dalam pertemuan di Jakarta awal Januari, pemerintah pusat mentargetkan proses pembebasan lahan ruas jalan tol Pemalang-Batang-Semarang-Solo selesai tahun ini.

Untuk itu, langkah-langkah percepatan akan dilakukan, termasuk untuk pembebasan ruas tol Batang-Semarang dan Pemalang-Batang.

”Pembebasan tanah akan jadi prioritas dan harus selesai tahun 2015. Selain itu, pemerintah juga mentargetkan tahun 2018 pembangunan konstruksi tol ruas Pemalang-Batang-Semarang-Solo semuanya sudah selesai,” katanya.

Pemerintah menargetkan pembebasan lahan akan dilakukan terlebih dahulu di lahan milik PTPN seluas 20 hektare. Sebab selain luas, juga prosesnya dimungkinkan lebih mudah karena tanah milik PTPN, bukan milik masyarakat. Proses pembebasan lahan tol akan dilakukan pemerintah melalui Panitia Pembebasan Tanah (P2T).

”Dana pembebasan lahan sepenuhnya berasal dari pemerintah, termasuk dana pembangunan konstruksinya kelak juga dari pemerintah, sedangkan biaya operasional tol dibiayai oleh investor,” katanya. [suara merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warga Minta Pembebasan Lahan Tol Pemalang-Batang-Semarang-Solo Direalisasikan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno