Latest News
Tuesday, January 27, 2015

Pasok Hingga Pemalang, Perhari Pengrajin Hasilkan 50 Arit


Seputar Pemalang - Desa Cepiring Tegal dikenal sebagai daerah pandean, yang merupakan tempat bagi pandai besi bekerja. Mereka setiap harinya melakukan pembuatan arit dan bendo (pisau besar), untuk dilakukan pengiriman ke berbagai daerah yang berada di Kabupaten Pekalongan dan Pemalang.

Seorang perajin arit, Abdul Malik, mengatakan, dirinya menggeluti usaha ini sejak tahun 1992, pada waktu itu hanya bermodalkan uang Rp200 ribu, dirinya memberanikan diri untuk membuka pandean yang berada di sebelah rumahnya di Desa Cepiring Tegal, RT 9/4. 

“Di desa ini, saat ini ada sekitar 22 perajin arit dan bendo. Saya sendiri meneruskan usaha dari orang tua, yang telah lebih daulu menekuni usaha ini, dan baru buka sendiri pada tahun 1992,” bebernya.

Setiap harinya, Malik mampu menghasilkan arit sebanyak 40 hingga 50 buah. Dengan pegawai sebanyak lima orang, dirinya dalam satu minggu setidaknya bisa memenuhi pembuatan sebanyak 15 kodi atau sekitar 300 buah arit, yang dipasarkan ke berbagai daerah. Sedangkan untuk harganya, satu buah arit bernilai sekitar Rp20 ribu hingga Rp25 ribu.

“Rata-rata melakukan pengiriman ke daerah Barat Pantura Kendal seperti Kedungwuni di Kabupaten Pekalongan serta daerah Randudongkal dan Moga di Kabupaten Pemalang. Paling tidak, kami membuat arit ada sekitar 15 kodi dalam seminggunya,” ujarnya.

Proses pembuatan arit tersebut diawali dengan menempa besi mentahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan arit. Selanjutnya, besi tersebut dibentuk menyerupai bulat sabit, untuk kemudian digerindra pada bagian ujung atas dan bawahnya.

“Untuk bagian dalamnya tentu saja yang dibuat lebih tajam dibandingkan luarnya. Setelah proses gerindra, agar benar-benar tajam dan dapat digunakan dengan baik, maka arit tersebut akan dikikir agar lebih halus lagi. Setelah proses itu selesai maka arit tersebut siap untuk dijual ke pasaran,” tutupnya. [radarpekalongan]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pasok Hingga Pemalang, Perhari Pengrajin Hasilkan 50 Arit Rating: 5 Reviewed By: asri yatno