Latest News
Thursday, January 22, 2015

Pangeran Benowo Dipercaya Sebagai Pendiri Pemalang


Seputar Pemalang - Cerita tentang Pangeran Benowo tidak bisa lepas dari terbentuknya salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pemalang, sebab berkat perannya itu muncullah pemerintahan baru yang berada di pinggir pantai utara.

Bahkan hingga sekarang kabupaten tersebut masih eksis dan terus berkembang baik dari segi ekonomi, budaya, maupun pemerintahannya. Namun tahukah siapa Pangeran Benowo itu, dalam sejarah, kita tahu, Pangeran Benowo merupakan salah satu anak dari Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dari Kerajaan Pajang.

Meskipun demikian, sebagian masyarakat Pemalang barangkali tidak tahu latar belakang mengapa Pangeran Benowo dikuburkan di Desa Penggarit. Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabuapten Pemalang, Bambang Aryotejo mengatakan, dari cerita yang beredar di masyarakat hingga sekarang, keberadaan makam sang pangeran di Desa Penggarit itu dilatarbelakangi pencarian pusaka yaitu keris Sitapak. 

Pusaka tersebut dimiliki oleh salah satu tokoh masyarakat yang bermukim di dekat Pantai Widuri, tepatnya di Desa Plawangan yaitu Tunggu Wasesa.Dengan memiliki keris tersebut dipercaya Kerajaan Pajang bisa memenangi perang Konjana Papa, yaitu perang antara anak dan bapak untuk memperebutkan tahta kerajaan itu. 

Pangeran Benowo yang merupakan anak sah Sultan Hadiwijaya meskipun bukan anak sulung atau putra mahkota, tentu membela kedudukan ayahnya. Diuji Ia diberi tugas untuk mendapatkan pusaka keris Sitapak yang dimiliki oleh Tunggul Wasesa sehingga rela melakukan perjalanan jauh dari Pajang hingga ke Plawangan.

Dia mengatakan, ketika sampai di Plawangan, Panegeran Benowo bertemu dengan orang yang dimaksud yaitu Tunggul Wasesa dan mengutarakan sebab kedatangannya. Tunggul Wasesa memberikannya dengan syarat bahwa ia bisa mengangkat pusaka tersebut dan menikahi anaknya yang bernama Dewi Urang Ayu.

Ia ingin menguji apakah Pangeran Benowo betul-betul ingin mendapatkan pusaka itu dan menjalankan darma bakti pada orang tua meskipun harus menikah dengan seorang perempuan yang tidak cantik. Ternyata keris Sitapak dengan amat mudah diangkat oleh Pangeran Benowo.

Pangeran Benowo berjanji akan menikahi Dewi Urang Ayu kalau ia sudah menjalankan darma bakti membela Sultan Hadiwijaya dalam peperangan. Akan tetapi Kerajaan Pajang kalah dengan Sutawijaya yang berkuasa di Kota Gedhe.

Mendengar berita kekalahan itu, Pangeran Benowo kecewa. Hasil kerja kerasnya sia-sia belaka. Kini sebuah makam di Desa Penggarit, Kabupaten Pemalang dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai makam Makam Pangeran Benowo, dan selalu ramai dikunjungi peziarah pada hari-hari tertentu.( Suara Merdeka)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pangeran Benowo Dipercaya Sebagai Pendiri Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno