Latest News
Thursday, January 29, 2015

Lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Pemalang


Seputar Pemalang - Pemalang-Pada Selasa (28/01) PNPM-Mandiri Perkotaan Pemalang melakukan kegiatan Lokakarya yang mengambil tempat di Sasana Bhakti Praja Kabupaten Pemalang.

Kegiatan yang di buka oleh Kepala BAPPEDA Ir.Mohammad Arifin Msi mewakili Bupati Pemalang H.Junaedi SH MM.Hadir pula dalam acara yang rencananya berjalan selama dua hari dari tanggal 28-29 Januari 2015 ini adalah Parwoto dari World Bank yang juga sebagai pemateri dalam acara ini.Selain materi dari World Bank,juga ada pemateri dari propinsi jawa tengah.

Dalam sambutanya Titi Widiastuti S.Sos MSi menyampaikan jika kegiatan Lokakarya Midterm Review PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Pemalang Tahun 2015 ini secara umum bertujuan membangun kesamaan pemahaman terhadap hasil kegiatan PNPM Mandiri perkotaan.

Pemahaman ynag di maksud adalah dari sisi konsep, substansi maupun teknis, serta tanggung jawab pengendalian seluruh stakeholder PNPM Mandiri Perkotaan di tingkat Kota/kabupaten.Selain itu juga  merancang intervensi lanjutan untuk harmonisasi program penanggulangan kemiskinan secara partisipatif dalam proses perencanaan (bottom up planning).

Dari kegiatan yang sudah maupun akan dilakukan tentunya ada harapan yang dinantikan yaitu Komitmen Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten agar bersinergi dalam memfasilitasi dan memonitor pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan mengacu pada hasil evaluasi capaian kegiatan selama ini, termasuk intervensi PAKET, PLPBK, Replikasi PAKET dan PLPBK, Channelling dan Pilot ND.

Pemda Kota/kabupaten dan Kelompok Peduli memahami peran dan fungsinya dalam pelaksanaan program kemitraan, sehingga mampu memonitor kinerja TKPKD, POKJA PAKET, PAKEM, Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP), dan sebagainya.

Stakeholders tingkat Kota/Kabupaten bersepakat menguatkan kapasitas TKPKD, KBP, SKPD dan FKA-BKM agar mampu mereview secara berkala, kualitas SPKD dan PJM Pronangkis Kota sebagai bagian untuk menunjang tercapainya orientasi Good Governance.

Tersusun draft action plan bersama yang berisikan langkah-langkah, target, penanggungjawab, dan kerangka waktu yang jelas demi merealisasikan pro poor program dan pro poor budget.

Tersampaikannya capaian program PNPM Mandiri Perkotaan selama ini sehingga membuat Kota/kabupaten dapat bertanggung jawab terhadap alokasi BOP, DIPA dan DDPUB.Mengintegrasikan perencanaan PJM Pronangkis ke dalam perencanaan dan penganggaran daerah. Pemerintah Daerah mampu mengembangkan program kemitraan dengan berbagai pihak, terutama dengan masyarakat.

Dalam konfrensi pers,Parwoto menyampaikan jika program PNPM Mandiri perkotaan yang di isukan akan berhenti,ditegaskan bahwa program ini akan berlanjut dengan bergulirnya program PLPBK (Pembangunan Lingkungan Berbasis Komunitas ).

Ke depan juka akan bergulir program penanganan lingkungan kumuh yang sampai saat sekarang nama programnya pastinya belum menemui kata sepakat dan untuk sementara dengan nama P2KP.

Saat ditanya anggaran ynag di gelontorkan oleh World Bank untuk Indonesia,Parwoto menyampaikan jika sampai saat ini belum ada pengajuan baru.Hal ini dikarenakan sisa anggaran tahun sebelumnya juga masih ada dan digunakan dalam program yang sekarang akan dilaksanakan.

Ditegaskan oleh parwoto bahwa program yang akan dilaksanakan akan menjadi sia-sia jika tidak adanya dukungan yang maksimal dari Pemda.Artinya program yang akan dilaksnakan harus ada sinkronisasi dengan pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah.Hal ini juga berarti perlu adanya penguatan dari Pemda dalam perencanaan pembangunan.[panturaFM]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno