Latest News
Thursday, January 22, 2015

Komunitas Wartawan Sumbang 440 Kantong Darah


Seputar Pemalang -  Bertempat di Gedung Olah Raga Kridanggo, Rabu (2101) kemarin, Komunitas Wartawan Pemalang menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela. Kegiatan tersebut untuk menyumbangkan darah sebanyak 440 kantong menyamakan Hari Jadi ke 440 Kabupaten Pemalang.

Ketua panitia M Tri Atmojo mengatakan, kegiatan donor darah sukarela yang diselenggarakan oleh Komunitasi Wartawan Pemalang ini, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 440 Kabupaten Pemalang. Menurutnya, ide kegiatan sosial ini bersifat spontan dari teman-teman wartawan dan mendapat respon positif dari PMI, yaitu dengan cepat untuk melakukan persiapan dalam waktu hanya satu minggu. 

Adapun pesertanya, dari berbagai komponen masyarakat, baik sipil, dinas /instansi maupun militer dan kepolisian. “Termasuk  para pelajar siswa SMA, SMK dan MA, komunitas atau kelompok masyarakat yang ada di seluruh Kabupaten Pemalang,” katanya.

Dijelaskan kegiatan donor darah sukarela ini, sebagai bentuk kepedulian sosial teman-teman  wartawan. Dan merupakan salah satu kegiatan sosial yang ada dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pemalang. Oleh karenanya kegiatan ini diharapkan dapat mewarnai makna peringatan hari jadi ke 440 yang bernilai sosial.

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada PMI berserta timnya dan Pemerintah Kabupaten Pemalang yang cukup tanggap menyambut baik adanya ide kegiatan semacam ini. Sebab dalam kegiatan donor darah ini menargetkan sebanyak 440 kantong darah dalam sehari. Angka 440 tersebut untuk menyamakan Hari Jadi ke 440 Kabupaten Pemalang.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang H Abdul Kadir mengatakan, kegiatan donor darah sukarela Hari Jadi ini, telah direspon  dengan baik. Sehingga untuk kelancaran pelaksanaannya berbagai upaya persiapan telah dilakukannya yaitu dalam satu Minggu persiapan cukup matang.

Karena untuk mengumpulkan sebanyak 440 kantong darah dalam sehari sangat luar biasa jika target itu bisa tercapai. Karena selama ini di Kabupaten Pemalang belum pernah mencapi angka sebanyak itu. Namun demikian, pihaknya optimis angka 440 kantong darah bisa dicapai dalam sehari. 

Karena di Pemalang banyak pejuang kemanusiaan pendonor darah sukarela. Seperti dari Kodim, Kepolisian, Korp Bayangkara, sekolah- sekolah. Yaitu siswa yang usianya 17 tahun ke atas di SMA, SMK dan MA, termasuk organisasi sosial atau lembaga pendidikan lainya.

Untuk mencapai keberhasilan kegiatan ini, selain menyebarkan informasi dan mengirimkan surat secara tertulis, juga menghimau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang untuk bersama-sama mengikuti kegiatan donor darah ini. Tentunya keberhasilan itu berkat dukungan Bupati Pemalang melalui Sekertaris Daerah. Sehingga masyarakat antusias untuk menyukseskan kegiatan donor darah sukarela hari jadi ini.

Dalam pelaksanaannya sesuai rencana kegiatan donor ini dimulai sejak pukul 08.00 hingga 16.00. Setelah perjalanan waktu kurang lebih pukul 09.40 peserta yang membludak jumlahnya dalam waktu kurang lebih 1.5 jam sudah berhasil kurang lebih 100 kantong darah. 

Hingga waktu terus berjalan peserta  terus berdatangan dan pada pukul 14.08 target 440 kantong telah berhasil dicapai. Bahkan hingga batas waktu pukul 16.00 peserta terus bertambah sehingga berhasil melapau target yang telah ditentukan.

MILIK MASYARAKAT
Kegiatan donor darah sukarela yang diselenggarakan oleh Komunitas Wartawan Pemalang menurut Kepala Humas Setda Pemalang Noerkholis merupakan bentuk partisipasi  positif yang mendapat suppor dan dukungan dari Pemda. Sehingga pihaknya atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Karena disamping kegiatan sosial juga untuk memeriahkan peringatan hari jadi Pemalang.

“Pemerintah Daerah sangat mensuppot terhadap kegiatan ini, karena semua kegiatan dalam peringatan hari jadi adalah dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Seperti yang saat ini sendag dilaksanakan oleh komunitas wartawan menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela. Untuk itu sangat diharapkan, peringatan hari jadi ini, sesuai apa yang menjadi keinginan hati masyarakat. Sehingga hari jadi ini benar-benar menjadi milik masyarakat Kabupaten Pemalang.[radarpekalongan]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Komunitas Wartawan Sumbang 440 Kantong Darah Rating: 5 Reviewed By: asri yatno