Latest News
Thursday, January 29, 2015

Jalingkut, Lokasi Penembakan Bupati Pemalang


Seputar Pemalang - Masyarakat yang melakukan perjalanan di Kabupaten Pemalang dan melintas di jalan lingkar utara (Jalingkut) tentu melihat sebuah tugu warna putih berbentuk kerucut. Tugu berada di sebelah utara jalan masuk Desa Kabunan, Kecamatan Taman.

Tugu tersebut memiliki nilai sejarah dalam perjalanan Kabupaten Pemalang lantaran dibangun untuk mengenang jasa seorang Bupati yakni Kiai Makmur.

Salah satu keluarga Kiai Makmur, Agus Bazie Raharjo menjelaskan, bangunan di lokasi tugu tersebut adalah tempat penembakan Kiai Makmur sewakyu agresi II militer Belanda.

Peluru Emas

”Kiai Makmur adalah Bupati Pemalang yang tidak mau tunduk kepada Belanda ketika terjadi agresi II militer,” kata Agus.

Ketika Belanda masuk ke Pemalang, Kiai Makmur memilih menyingkir, namun pada September 1947 dia ditangkap Belanda usai shalat dhuha di rumahnya di Desa Taman.

”Dia ditangkap bersama adiknya Romdhon kemudian digiring dari rumahnya ke lokasi penembakan itu,” tutur Agus. Lokasi penembakan dulunya adalah jalan kereta tebu masuk blok sawah Grogolan.

Dari cerita turun temurun yang ia dengar, Kiai Makmur ditembak dengan tiga peluru khusus salah satunya terbuat dari emas. Dan ketika terjadi penembakan, di sana hanya ada Kiai Makmur dan Romdhon serta sekitar 20 tentara Belanda.

Namun demikian ada seorang penggembala yang mengetahui terjadinya penembakan itu dan melaporkan kejadian ke keluarga Kiai Makmur.

Jenazah Kiai makmur dan adiknya kemudian diambil oleh keluarganya untuk dimakamkan di pemakaman umum Pagaran, Kecamatan Pemalang.

“Jadi di jalan lingkar utara itu ada tugu yang dibangun sebagai tanda di tempat itu dulu ada penembakan Bupati Pemalang oleh Belanda, tugu juga untuk keperluan memperingati Hari Pahlawan dan Proklamasi, dibangun pada masa Bupati Slamet Haryanto,” tuturnya.

Ketika tugu dibangun, tanahnya cukup luas sekitar 6 x10 meter.  Namun setelah terjadi pelebaran jalan lingkar utara, tanah tugu semakin sempit. Bahkan sekarang di samping tugu dibangun gubuk-gubuk untuk warung makan.[suaramerdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jalingkut, Lokasi Penembakan Bupati Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno