Latest News
Thursday, January 22, 2015

Anggota Kodim 0711 Pemalang Bersihkan Pantai Widuri


Seputar Pemalang - Puluhan anggota TNI dari Kodim 0711, Pemalang, melakukan kegiatan bersih pantai Widuri, dalam rangka persiapan peringatan hari jadi kabupaten. Mereka membersihkan rumput dan ilalang serta sampah di lokasi itu, karena rencananya di tempat tersebut akan digunakan untuk menggelar salah satu kegiatan puncak peringatan hari jadi

Dandim 0711 Pemalang, Letkol Arm M Lufti melalui Pasi Ops, Kapten Inf Hendro Suroso mengatakan, sekitar 75 anggota TNI terlibat dalam acara bersih pantai Widuri. Kegiatan dimulai sekitar jam 07.00 hinggga selesai, selain dari Kodim ada instansi lain yang terlibat dalam kegiatan itu.

Bagi jajaran Kodim 0711 Pemalang, kegiatan bersih Pantai Widuri sudah menjadi agenda rutin setiap dua bulan sekali. Hal itu untuk menjaga lokasi objek wisata itu agar tetap bersih sehingga nyaman dikunjungi.

Bahkan selain bersih pantai, mereka juga beberapa kali melakukan penanaman pohon di lokasi itu, baik yang berada di sekitar pantai maupun di seputar road race.  Pembersihan rumput dan semak di lokasi itu juga sebagai salah satu upaya perawatan terhadap tanaman yang sudah ditanam oleh semua pihak. 

”Rencananya pada Jumat mendatang juga masih dilakukan pembersihan pantai, dan kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemalang. Kegiatan tersebut juga sejalan dengan instruksi dari Kodam IV Diponegoro yaitu Jumat bersih,” ujar Hendro, Jumat (16/1).

Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Disbudpar, Pemalang, Sapardi mengatakan, kerja sama antara Disbudpar dan Kodim 0711 Pemalang sering dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya bersih pantai dan penanaman pohon di sekitar Widuri.

Kerja sama itu sebagai salah satu wujud untuk menciptakan tempat yang bersih dan nyaman. Selain itu untuk mendekatkan anggota TNI dengan masyarakat dengan instansi pemerintah lainnya.

Kerja sama semacam itu akan terus dibina dan ditingkatkan karena dengan cara tersebut bisa menciptakan hal-hal postif yang berguna untuk lingkungan dan masyarakat. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kebersihan.

Segenap potensi yang ada di lokasi dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama kegiatan wisata bahari. ”Untuk menciptakan lingkungan bersih, salah satunya melalui Jumat bersih yaitu melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Yakni, di dalam kehidupan perseorangan, keluarga dan lingkungan intansi,” kata Sapardi. [suara merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Anggota Kodim 0711 Pemalang Bersihkan Pantai Widuri Rating: 5 Reviewed By: asri yatno