Latest News
Friday, September 12, 2014

Unik, Asap Berbentuk Cincin Muncul di Atas Puncak Gunung Slamet

Asap berbentuk cincin di atas Gunung Slamet. Foto diambil dari halaman Facebook Leo Kennedy Adam.
Seputar Pemalang - Fenomena unik tampak terlihat di atas puncak Gunung Slamet di Jawa Tengah. Asap yang keluar dari kawah gunung tersebut tidak menggumpal seperti biasanya, tetapi berbentuk melingkar seperti cincin.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (11/9/2014) sekitar pukul 12.45 WIB. Ratusan masyarakat yang berkunjung di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, pun mengabadikan dengan smartphone ataupun kamera digital yang dibawa.

"Ini baru kali pertama terjadi," kata Sukedi, pengamat pada Pos Pengamatan Gunung Api Slamet. Sukedi juga tidak mengetahui secara persis penyebab fenomena alam ini.

Namun, menurut dia, yang pasti saat ini memang ada peningkatan aktivitas magma, di antaranya, terjadi letusan abu vulkanik yang diikuti suara dentuman. Bahkan suara dentuman terdengar hingga radius 17 km. "Suara dentuman menggetarkan kaca rumah," tambah dia.

Kemunculan asap yang unik itu pun mengundang komentar masyarakat di sekitar Gunung Slamet. Beberapa dari mereka mencoba menghubung-hubungkan dengan mitos.

"Angel of duck, seperti malaikat bebek. Ada asap putih bulat yang cukup besar dan di bawahnya ada asap berbentuk bebek," ungkap Suryono, pengunjung Gunung Slamet.

Pengunjung asal Pemalang ini mengatakan, ada mitos tentang Gunung Slamet yakni Mbah Bebek, yang dalam mitos disebut sebagai penguasa Gunung Slamet. Menurut dia, bukan kali pertama ada asap berbentuk bebek. Pada 15 Maret 2014, kata dia, juga terjadi hal yang sama. Namun, perbedaan kali ini, asap berbentuk bebek ada lingkaran atau cincin seperti malaikat di atas asap yang, menurut dia, berbentuk seperti bebek.

Melihat fenomena alam ini, ada pula yang mengucapkan doa karena mengagumi karya Sang Pencipta. Foto-foto itu juga banyak dibagikan di media sosial dan menjadi bahan diskusi, misalnya di akun Facebook Ma'rufin Sudibyo yang selama ini aktif mengamati kegunungapian.[kompas]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Unik, Asap Berbentuk Cincin Muncul di Atas Puncak Gunung Slamet Rating: 5 Reviewed By: asri yatno