Latest News
Friday, August 8, 2014

Jembatan Comal Kembali Ambles dan Retak

Jembatan Comal yang amblas/ANT/Oky Lukmansyah.
Seputar Pemalang - Jembatan Comal di wilayah pantura Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, kembali ambles sedalam 15 sentimeter. Bagian pondasi jembatan retak. Pihak kepolisian menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kembali ditutupnya jembatan sepanjang 120 meter tersebut sebelum Lebaran lalu.

Pemantauan Media Indonesia, Jumat (8/8/2014), kendaraan baik dari arah barat (Jakarta) maupun timur (Semarang) masih memadati jalur pantura. Tidak terjadi kemacetan panjang seperti saat arus mudik dan balik Idul Fitri pekan lalu. Namun, kendaraan harus berjalan merambat memasuki jembatan Comal, Kabupaten Pemalang.

Jembatan Comal kini kembali ambles sedalam 15 sentimeter dan mengalami keretakan pada bagian pondasi memanjang ke bawah selebar 5 sentimeter. Jembatan masih bisa dilintasi kendaraan dengan tonase di bawah 10 ton. Jembatan kembali ambles dan retak diduga karena banyak dilintasi kendaraan barang yang tonasenya lebih dari 20 ton yang nekat menerobos setelah jembatan setelah dibuka kembali H-4 Lebaran lalu.

"Kendaraan harus berjalan pelan dan merambat setiap melintasi jembatan, akibat penurunan tersebut terjadi peninggian yang berbeda," kata Hartono, 43, pengendara yang melintas.

Hal senada diungkapkan Risqi, 40, warga Bekasi. Menurut dia, meskipun tidak terlihat kemacetan panjang, akibat kendaran berjalan merambat saat memasuki jembatan Comal, pada jam tertentu terjadi antrean hingga satu kilometer.

Pejabat Pemegang Komitem Bina Marga, Ya'fur, membenarkan Jembatan Comal kembali ambles dan retak. Menurut dia, itu terjadi akibat kendaraan angkutan berat dengan tonase di atas 20 ton melintas di atas Jembatan Comal dalam beberapa hari terakhir. Struktur jembatan mables karena oprit turun 10 sentimeter.

Selain membuat ketinggian berbeda pada sisi jembatan yang ambles, kata Ya'fur, sandaran sebelah utara jembatan juga bergetar ketika kendaraan besar melintas. Perbaikan jembatan secara permanen sudah dimulai di sisi selatan, yang kini sudah pada tahap pengisian palung. Juga pengerjaan saluran bawah permukaan tanah karena air bawah tanah berpengaruh ke struktur jembatan.

"Alat kran untuk memasang tiang pancang juga sudah siap," tambah jelas Ya'fur.

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat perbaikan permanen jembatan sisi selatan dan jembatan ambles lagi jembatan sisi utara, Polres Pekalongan menyiapkan jalur alternatif. Kepala Satuan Lalulintas Polres Pekalongan Ajun Komisaris Pranata mengatakan, pihaknya juga memasang rambu dan mengerahkan personel untuk berjaga 24 jam.

Secara terpisah Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Pemalang Iptu Nurdinowo mengatakan rekayasa lalin dilakukan dengan menyesuaikan keadaan yang ada yakni Jika frekuensi kendaraan yang lewat berkurang dilakukan pembukaan Jembatan Comal untuk dua arah dan jika padat dilakukan sitem buka tutup.

Selain dilakukan rekayasa lalulintas di sekitar jembatan, kata Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Pemalang Iptu Nurdinowo, kepolisian juga meminta bantuan Dishubkominfo Pemalang menyediakan alat ukur timbangan. Karena alat belum terpenuhi, maka dilakukan pengecekan buku uji kelayakan kendaraan dan surat barang sebelum melintas Jembatan Comal.[metrotv]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jembatan Comal Kembali Ambles dan Retak Rating: 5 Reviewed By: asri yatno