Latest News
Sunday, August 10, 2014

Dilewati Kendaraan Berat, Jembatan Comal Ambles lagi 15 Sentimeter

 Kondisi jembatan comal sisi utara yang digunakan sementara, ambles lagi sekitar 15 sentimeter - Tribun
Seputar Pemalang - Jembatan Comal di Pemalang Jawa Tengah yang sampai sekarang masih bersifat darurat, ambles kembali. Amblesnya Jembatan Comal diakibatkan banyaknya kendaraan bermuatan besar melintasi jembatan itu. 

Padahal kekuatan Jembatan Comal hanya dilewati oleh kendaraan berbobot maksimal 10 ton saja.

Petugas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Doni T Gurning mengatakan, Jembatan Comal yang selesai dikerjakan secara darurat pada H-3 Lebaran, mulai mengalami penurunan.

Turunnya jembatan terlihat pada sambungan jembatan yang mulai membuat cekungan. Penurunan sendiri mencapai sekitar 10 hingga 15 sentimeter. Amblesnya Jembatan Comal tersebut mengakibatkan beton penyangga mengalami keretakan.

"Jadi sesuai rapat yang dilakukan tentang batas maksimal kendaraan 10 ton itu di lapangannya tidak terlaksana. Jadi muatan itu melebihi 10 ton," katanya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi melebarnya retakan pada beton penyangga, pihak Bina Marga berusaha memasang kayu penyangga pada Armko atau gorong-gorong agar keretakan pada beton penyangga dapat diminimalisir.

"Penyangga untuk memperkuat struktur armconya, agar aman," katanya.

Sejumlah pekerja juga disiagakan di bawah Jembaran Comal untuk mengetahui kondisi jembatan jika sewaktu-waktu ambles.[tribun]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dilewati Kendaraan Berat, Jembatan Comal Ambles lagi 15 Sentimeter Rating: 5 Reviewed By: asri yatno