Latest News
Tuesday, July 15, 2014

Pemudik Diimbau Berhati-hati Lintasi Jembatan Comal Pemalang

Ilustrasi - (ANTARA/Oky Lukmansyah
Seputar Pemalang - Bagi para pemudik yang akan melintas di wilayah Jawa Tengah harus berhati-hati titik rawan Jembatan Comal, Pemalang. Sebab, perbaikan jalur di titik tersebut dipastikan tidak akan rampung jelang Lebaran, sehingga akan mengganggu arus lalu lintas.

Kepala Bidang Bina Teknik Bina Marga Jawa Tengah, Hanung Triyono, Selasa 16 Juli 2014, menyatakan persoalan di Jembatan Comal Pemalang menjadi masalah krusial bagi pemudik yang melintasi wilayah tersebut.

Menurut Hanung, arus lalu lintas di titik itu dikhawatirkan terganggu akibat amblesnya sambungan aspal dan jembatan di bagian barat pada dua sisi sedalam 20 sentimeter. Berdasarkan kajian pihak Dinas Bina Marga Jawa Tengah, kerusakan di Jembatan Comal baru bisa diselesaikan pasca Lebaran 2014.

Menurut dia, penanganan Jembatan Comal memerlukan kajian lebih lama. Sementara, saat ini Bina Marga baru sebatas melakukan penanganan sementara dengan meninggikan bagian aspal yang ambles agar bisa tetap dilalui kendaraan. Tapi penanganan permanen baru bisa dilakukan setelah serangkaian kajian rampung atau paling cepat usai Lebaran 2014.

"Kami berupaya agar Jembatan Comal bisa tetap dilalui kendaraan untuk mencegah terganggunya arus lalu lintas terutama pada arus mudik Lebaran 2014," ujar Hanung.

Kendati demikian, Hanung menegaskan, jalur mudik utama telah siap 100 persen. Pekerjaan jalan hanya tinggal di beberapa jalur alternatif yang akan selesai pada H-7 Lebaran. "Kami masih melakukan penambalan jalan kecil-kecil  untuk menjaga agar tidak ada lubang membahayakan," kata dia.

Dalam kesempatan terpisah, Plt Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, menyatakan, Dinas Bina Marga Provins Jawa Tengah wajib melakukan kajian mendalam terkait penyebab amblesnya Jembatan Comal. Hal itu agar bisa dipastikan penyebab utama kerusakan yang mengganggu arus mudik tahun ini.

"Kajian diperlukan untuk mengetahui amblesnya itu karena apa, apakah faktor alam, salah perhitungan atau ada yang di-mark up saat pembangunannya," kata Rukma.

Dinas Bina Marga, ia melanjutkan, harus bekerjasama dengan Dinas terkait untuk terus menggenjot persiapan itu. Percepatan pengerjaan perbaikan jalur mudik Lebaran di Jateng diperlukan agar bagian yang belum dapat diselesaikan tidak banyak jumlahnya.

Khususnya di beberapa titik jalur alternatif di Jawa Tengah yang nantinya digunakan sebagai pengalihan kepadatan di jalur utama harus mendapat perhartian khusus. Pasalnya, ruas jalan alternatif kabupaten kota itu akan dialihkan menjadi jalan provinsi. Sementara kondisi jalannya masih sangat memprihatinkan.

Terkait perbaikan jalur mudik jelang Lebaran 2014, Rukma mengaku prihatin dengan selalu adanya perbaikan jalur pantai utara yang dilakukan tiap tahun, bahkan disebut-sebut sebagai proyek abadi. Pun perbaikan pada jalur-jalur alternatif yang terus digenjot ketika jelang mudik lebaran.

Politisi PDIP Itu menilai perlu ada perencanaan yang lebih baik seperti yang saat ini sudah berjalan dan perbaikan yang dilakukan di jalur pantura tidak sekadar tambal sulam, melainkan permanen dengan jangka waktu lama.

"Diharapkan, perbaikan yang dilakukan saat ini bisa membuat jalur pantura awet dan tidak mudah rusak sehingga dapat menghemat biaya perbaikan," kata dia.[viva]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemudik Diimbau Berhati-hati Lintasi Jembatan Comal Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno