Latest News
Friday, July 18, 2014

Jembatan Comal Amblas, KAI Siap Tampung Pemudik Darat

Penutupan Jalan akibat jembatan Comal ambles - Twitter
Seputar Pemalang - PT Kereta Api Daop IV Semarang mengaku siap menampung para pemudik sepeda motor yang melewati Jembatan Comal Pemalang menggunakan moda kereta api (KA). Hal itu sebagai langkah antisipasi kemacetan panjang yang disebabkan karena amblesnya jembatan di jalur utama pantai utara (pantura) menuju wilayah Jawa Tengah itu.

Kepala Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto, Jumat 18 Juli 2014, menyatakan langkah ini untuk membantu para pemudik yang mengalami kesulitan melewati jalur darat di daerah Pemalang, Jawa Tengah.

"Untuk Jembatan Comal di Pemalang jika memang nantinya ada pengalihan arus dan beralih menggunakan Kereta Api, kami siap," ujar Wawan di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut dia, pemudik yang dari arah Pemalang (Comal) bisa menggunakan Kereta Api Kaligung, Kamandaka, dan kereta api jurusan Jakarta-Semarang. Jadi antisipasi itu bisa dilakukan.

Ia melanjutkan, arus lalu lintas kerata api dari arah Tegal ke Semarang pada periode mudik Lebaran diperkirakan sangat padat. Namun, tambahan kereta lokal bisa membantu mengurai kepadatan yang ada.

Untuk jalur lokal, KAI saat ini menyediakan tiga KA jurusan Tegal hingga Semarang. Yakni Kereta Api Kamandaka, Kereta Api Kaligung dan Kereta Api Pekalongan Ekspress. Jadwal tiga kereta api tersebut telah diaktifkan beroperasi setiap hari.

"Kalau total penumpang, perkiraan sekitar 10 ribu penumpang dari Tegal ke Semarang, itu masih normal. Kami juga punya KA Pekalongan Ekspres, itu lumayan tinggi menampung 700 lebih penumpang. Jika nanti ada pengalihan arus, kami akan siap," kata Wawan.

Apabila pengalihan arus menuju moda transportasi KA tersebut terlaksana, maka kepadatan kereta api di wilayah Daop VI akan bertambah antara 10 hingga 20 persen.

Berbagai Strategi
Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, menyatakan telah mencermati perihal kerusakan parah di Jembatan Comal Pemalang. Ia telah berkoordinasi dengan Gubernur Jateng untuk siap melakukan langkah antisipatif, seperti rekayasa lalu lintas serta perbaikan sementara jembatan di jalur pantura Jawa Tengah itu.

Jika rekayasa lalu lintas dan sejumlah cara lain tidak efektif maka Kementerian Perhubungan mengusulkan untuk pemudik yang akan melewati wilayah tersebut dialihkan ke moda transportasi lain.

"Jika memungkinkan pengalihan moda transportasi  bisa dialihkan untuk menggunakan kereta api dan kapal laut. Kami sudah berbicara dengan pak Gub (Ganjar Pranowo)," kata Bambang.

Diketahui, Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah amblas sejak tadi malam pukul 12.10 WIB. Saat ini, amblasnya jembatan tersebut, mengakibatkan lalu lintas dari arah Jakarta ke Semarang maupun sebaliknya lumpuh.[viva]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jembatan Comal Amblas, KAI Siap Tampung Pemudik Darat Rating: 5 Reviewed By: asri yatno