Latest News
Wednesday, July 2, 2014

Hujan Abu Guyur Bagian Utara Gunung Slamet

Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pemalang, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Seputar Pemalang -  Aktivitas Gunung Slamet yang berada di perbatasan Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes, Jawa Tengah (Jateng) kembali meningkat. Peningkatan aktivitas ditandai dengan letusan abu yang keluar berlangsung sejak Ahad (29/6/2014) sore.

Bahkan, hingga hari ini, hujan abu masih mengguyur wilayah utara Gunung Slamet dengan radius 10 kilometer. Selain itu, terlihat munculnya lava pijar pada Senin (30/6) malam.

"Setelah sebulan lebih tidak ada aktivitas, mulai Minggu lalu, Gunung Slamet menunjukkan peningkatan aktivitas. Salah satunya adalah letusan dan bahkan semalam muncul lava pijar. Lava pijar terlihat dari pos pengamatan sebanyak tiga kali dalam semalam," Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan, Pemalang, Sudrajat, Selasa (1/7/2014).

Sudrajat mencatat terjadi delapan kali letusan pada Ahad, kemudian 14 kali letusan pada Senin. "Sedangkan sampai pagi tadi, telah terjadi delapan kali letusan dengan ketinggian 300-800 meter. Dari Minggu hingga kemarin, terjadi hujan abu di daerah-daerah utara Gunung Slamet sejauh 10 kilometer. Kami menerima laporan jika hujan abu masih berlangsung," ujarnya.

Menurut Sudrajat, meski aktivitas Gunung Slamet naik, statusnya masih waspada. Pada status waspada, masyarakat dilarang untuk beraktivitas pada radius dua kilometer dari puncak Gunung Slamet. "Status masih tetap waspada. Kami masih terus melakukan pemantauan yang nantinya akan dijadikan dasar bagi penentuan status," kata dia.[metrotv]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hujan Abu Guyur Bagian Utara Gunung Slamet Rating: 5 Reviewed By: asri yatno