Latest News
Wednesday, July 2, 2014

Gunung Slamet masih Semburkan Letusan Abu

Gunung Slamet. ANTARA//Idhad Zakaria
Seputar Pemalang -  Aktivitas Gunung Slamet yang berada di perbatasan Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes, Jawa Tengah masih tinggi hingga kini. Dalam 24 jam terakhir, letusan abu masih tetap berlangsung.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Slamet di Gambuhan, Pemalang, Sudrajat, mengatakan dalam 24 jam terakhir masih terjadi 7 kali letusan abu dan 17 kali gempa letusan. "Letusan abu dari Gunung Slamet ketinggiannya mencapai 200-1.200 meter. Letusan abu terbawa angin ke arah utara," jelas Sudrajat, Rabu (2/7/2014).

Sudrajat menerangkan selain gempa letusan, terjadi juga 2 gempa vulkanis dan 350 kali gempa hembusan. "Yang jelas, status Gunung Slamet masih tetap waspada. Rekomendasinya, warga dilarang untuk beraktivitas pada radius 2 kilometer (km) dari puncak Gunung Slamet," katanya.

Hingga hari ini, hujan abu masih mengguyur wilayah utara Gunung Slamet dengan radius 10 km. Selain itu, pada Senin (30/6/2014) malam, terlihat munculnya lava pijar. Sudrajat menyebutkan pada Minggu, tercatat 8 kali letusan, kemudian Senin terjadi 14 kali letusan. Pada Selasa (1/7), telah terjadi 8 kali letusan dengan ketinggian 300-800 meter.[metro]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gunung Slamet masih Semburkan Letusan Abu Rating: 5 Reviewed By: asri yatno