Latest News
Tuesday, July 15, 2014

BNP2TKI Dekatkan Pelayanan TKI di Pemalang

Gatot Abdullah Mansyur Kepala BNP2TKI Kantor P4TKI Kabupaten Pemalang
Seputar Pemalang - BNP2TKI melaluisaat meresmikan BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI) Semarang - untuk wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah - membuka Kantor P4TKI (Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI) Kabupaten Pemalang.

Peresmian Kantor P4TKI berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan (Komplek Pertokoan Sapphire Residince Blok B-7) Pemalang dilakukan Kepala BNP2TKI Gatot Abdullah Mansyur, Sabtu (12/07/2014).

Peresmian Kantor P4TKI Pemalang ini dilakukan bertepatan dengan kegiatan hari 3 Safari Ramadhan Ke-7 BNP2TKI Tahun 2014 yang dipimpin langsung Kepala BNP2TKI Gatot Abdullah Mansyur.

Turut hadir mendampingi di antaranya Deputi Penempatan Agusdin Subiantoro, Kepala BP3TKI Semarang AB Rachman, Koordinator P4TKI Pemalang Valeri Christi Faesal, serta beberapa pejabat BNP2TKI dan BP3TKI Semarang.

Kepala BP3TKI Semarang AB Rachman didalam sambutan mengatakan, dibukanya Kantor P4TKI Pemalang ini telah direncanakan pada tahun 2013 lalu.

"Yang mendorong kuat dibukanya Kantor P4TKI Pemalang ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyaraakat - utamanya calon TKI/TKI dan keluarga TKI - dengan optimal dengan cara mendekatkan dan memudahkan pelayanan," kata AB Rachman.

Dijelaskan Rachman, sejauh ini pelayanan terhadap calon TKI/TKI dari Kabupaten Pemalang dan sekitarnya - seperti Kabupaten Tegal, Brebes, dan Pekalongan - dilakukan di Kantor BP3TKI Semaranga dan Kantor P4TKI Cilacap.

Dengan dibukanya Kantor P4TKI Pemalang ini calon TKI/TKI dari Kabupaten Pemalang dan sekitarnya sudah tidak perlu jauh-jauh lagi ke Semarang atau Cilacap untuk sekadar mengurus penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) dan dokumen ketenagakerjaan lainnya.

"Dengan dibukanya Kantor P4TKI Pemalang ini tentunya semakin memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada warga masyarakat calon TKI/TKI dan keluarga TKI di Pemalang dan sekitarnya, sehingga pelayanan pun menjadi lebih optimal," kata Rachman

Rachman menambahkan, yang terjadi didalam pelayanan TKI di Pemalang dan sekitarnya, tidak hanya sebatas TKI formal dan TKI infomal yang bekerja di darat. Tetpai juga TKI Pelaut Perikanan. Untuk TKI Pelaut ini per bulannya kurang lebih 750-an mulai dari Kabupaten Brebes, Pemalang, Tegal sampai Jepara.

Dari investigasi di lapangan diketahui, bahwa permasalahan yang terjadi dengan TKI Pelaut di antaranya karena masih minimnya pelatihan. Berikut terdapat beberapa instansi yang terlibat didalam menangani penempatan TKI pelaut. Di antaranya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Tenaga Kerja dan Trransmigrasi, dan BNP2TKI. "Pemerintah sedang berupaya menharmonisasi penanganan penempatan dan perlindungan TKI Pelaut ini," kata Rachman.

BNP2TKI telah berupaya untuk meminimalisir permaslahan-permaslahan yang terjadi dengan TKI Pelaut. Di antaranya dengan diterbitkannya Peraturan Kepala BNP2TKI Nomor : PER-12/KA/IV/2013 tentang Tata Cara Perekrutan dan Perlindungan Pelaut Di Kapal Berbendera Asing yang diterbitkan pada 10 April 2013.

Sebelumnya juga telah diterbitkan Peraturan Kepala BNP2TKI Nomor : PER-03/KA/I/2013 tentang Tata Cara Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Pelaut Perikanan di Kapal Berbendera Asing.

Rachman mengatakan, dengan adanya Kantor P4TKI Pemalang selain menangani pelayanan TKI darat juga TKI Pealut. Berikut juga melayani penerbitan KTKLN dan pelayanan pengaduan permasalahan TKI melalui unit Crisis Center.

Yang sangat mendesaak saat ini, lanjut Rachman, perlunya Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) khusus menangani pelatihan TKI Pelaut. "Dengan adanya BLKLN khusus TKI Pelaut ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas TKI berikut memartabatkannya," katanya. 

Dia berharap Pemerintaah Kabupaten Pemalang dapat memfasilitasi adanya BLKLN khusus TKI Pelaut ini.***(Imam Bukhori-bnp2tki.go.id)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BNP2TKI Dekatkan Pelayanan TKI di Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno