Latest News
Saturday, June 21, 2014

Akibat Proyek Perbaikan Jalan, Pemalang-Tegal Ditempuh 3 Jam

Perbaikan jalan - Tribun
Seputar Pemalang -Kemacetan jalur pantura akibat proyek perbaikan jalan di wilayah Damyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, semakin parah. 

Pemalang-Tegal yang biasanya ditempuh dengan waktu 30 menit, kali ini ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam. Pantauan di lapangan pada Jumat (20/6), dari arah timur ke barat (Semarang- Jakarta) kemacetan sudah terjadi dari mulai Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi. 

Padahal, jarak antara perbaikan lokasi perbaikan jalan di Damyak mencapai 30 kilometer. Kendaraan hanya melaju dengan kecepatan sekitar 10 kilometer/ jam. Itu pun tidak lancar, karena kendaraan melaju hanya sekitar 50 meter, kemudian berhenti kembali. 

Kondisi itu terjadi hingga memasuki Kota Tegal. Kemacetan diperparah dengan banyaknya kendaraan yang saling mendahului dari lajur paling kiri. Mereka nekat keluar dari jalan aspal, dan masuk ke barisan kendaraan yang mengantre di jalur tersebut.

Bahkan, kemacetan semakin panjang saat sejumlah kendaraan truk rusak di tengah-tengah jalan. Hasil pantauan, ada sekitar tiga kendaraan yang macet di tengah jalan. 

”Saya berangkat dari Pemalang pukul 10.00, dan sampai di Kota Tegal sekitar pukul 13.00,” kata pengendara mobil, Slamet Prayitno (37) yang hendak bekerja di Kota Tegal. 

Jalur Alternatif Menurut dia, kemacetan dimulai sejak memasuki wilayah Suradadi. Mobilnya melaju dengan kecematan tidak lebih dari 10 kilometer/jam. Bahkan, lebih sering berhenti lama menunggu kendaraan di depannya berjalan. 

Ia mengaku harus kehilangan banyak waktu dengan kondisi kemacetan tersebut. ”Biasanya, Pemalang-Tegal 30 menit, tapi ini sampai 3 jam,” katanya. 

Mengantisipasi kehilangan lebih banyak waktu, Slamet mencari jalur alternatif. Untuk menghindari perbaikan jalan di Damyak, ia mengambil jalur dari pertigaan Larangan berbelok ke kiri menuju Pasar Kemantran. Di pertigaan Pasar Kemantran mengambil jalur berbelok ke kanan hingga ke Mejasem, dan menuju pusat Kota Tegal. 

”Walaupun jalan alternatif itu rusak parah, tapi lumayan untuk menghindari macet di Damyak,” terangnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua lajur utara (arah Jakarta-Semarang) di Dampyak yang sedang dibeton itu ditutup total panjangnya sekitar 1,5 kilometer. Di jalan yang ditutup total itu, betonisasi terbagi dalam dua bagian. 

Kepala Satuan Kerja Wilayah I (Brebes-Kendal) Bina Marga Jawa Tengah, Sumarjono, mengatakan, betonisasi di Jalur Pantura tahap pertama ditargetkan selesai pada akhir Juni. [suara merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Akibat Proyek Perbaikan Jalan, Pemalang-Tegal Ditempuh 3 Jam Rating: 5 Reviewed By: asri yatno